Mohon tunggu...
Binsar
Binsar Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Ternyata Ini Alasan Monitor Gaming Mahal

9 Juni 2018   03:39 Diperbarui: 9 Juni 2018   04:14 372
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Sebagai seorang gamer saya seringkali dibuat heran dengan ke-fantastisan dan ke-extravagan-an embel-embel gamer atau gaming di komponen komputer saat ini. Bisa dibilang suatu komponen biasa seperti mouse atau motherboard harganya akan naik hingga berkali-kali lipat dengan menyematkan embel-embel gaming dibelakangnya. 

Sebagai contoh, sebuah brand periferal gaming terkemuka, Razer, memiliki produk mouse gaming yang dijual dengan harga lebih dari Rp 1,5 juta rupiah! Bayangkan saja, sebuah mouse yang nyaman dipakai buatan brand terkenal seperti Logitech atau Microsoft aja bisa kita dapatkan di kisaran 100rb-an lho.

Saya bukannya anti perangkat gaming lho ya, dulu saya pernah hampir jadi professional gamer Dota dan termasuk konsumen setia perangkat gaming. Perangkat khusus gaming memang bisa memberikan performa dan keunggulan lebih dalam permainan video, apalagi kalau kita bermain secara kompetitif atau esport. Nah, dari sekian banyak perangkat khusus gaming yang paling menarik buat saya adalah monitor gaming. 

Waktu pertama kali melihat  spek monitor gaming, saya lumayan skeptis karena kualitas warna dan tingkat kecerahannya bisa dibilang lebih jelek dibanding monitor biasa yang dibandrol dengan harga yang hampir separuhnya tapi setelah saya coba untuk main game dengan menggunakan monitor tersebut, saya sangat terkesima dengan gambar bergerak yang ditampilkan. 

Setelah pengalaman tersebut, saya pun mulai mencari kenapa kok bisa jauh lebih bagus pada saat digunakan untuk bermain game dan saya menemukan jawaban berikut ini dari suatu situs review perangkat gaming pc :

  • Monitor gaming memiliki refresh rate lebih tinggi sehingga bisa menampilkan FPS yang lebih tinggi
  • Response rate monitor gaming juga lebih tinggi sehingga setiap klik tan gerakan yang saya lakukan terasa jauh lebih cepat
  • Gambar jauh lebih konsisten dan tidak terlihat artifak-artifak yang aneh
  • Tampilannya yang lebih gahar dari monitor biasa juga membuat kita semakin betah untuk bermain game
  • Sayangnya memang semua response dan performa yang lebih cepat seperti yang saya sebutkan di atas memerlukan pengorbanan di kualitas gambar dan kecerahan warna

Nah oleh karena itu, menurut saya monitor gaming merupakan salah satu komponen khusus yang worth it untuk dibeli apabila kita memang serius dalam bermain game. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun