Mohon tunggu...
Bilqis Nabila Afriza
Bilqis Nabila Afriza Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Pelajar sma 1 metro

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dampak Korupsi terhadap Ekonomi Masyarakat!

9 Desember 2022   05:15 Diperbarui: 9 Desember 2022   05:18 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Korupsi Mempunyai akibat yang sangat buruk bagi setiap aspek bidang yang terdapat , Selain itu pula korupsi banyak merugikan Masyarakat . Tindakan ini Tidak hanya dilakukan oleh oknum-oknum dengan status tinggi saja tetapi mampu dilakukan dengan hal- hal kecil misalnya kebohongan.

Salah satukerugian korupsi dalam aspek ekonomi ialah adanya peningkatan dalam utang negara. Para maling uang rakyat ini tidak sadar diri bahwa apa yang dia lakukan bisa memperburuk keadaan negara. Mereka hanyalah memikirkan keuntungan eksklusif saja. 

Menurut UU No. 31 Tahun 1999 Pasal 2 Ayat 1 dicampakn bahwa setiap orang yang melawan aturan atau melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain dan suatu korporasi yang bisa merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana penjara menggunakan penjara seumur hidup, pidana penjara paling singkat 4 tahun serta paling lamanya 20 tahun dan hukuman paling sedikit Rp200.000.000,00 , paling poly Rp1.000.000.000,00.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun