Mohon tunggu...
Billy Steven Kaitjily
Billy Steven Kaitjily Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis | Narablog

Saya suka menulis dan membaca. Saya yakin, saya bisa hidup dengan mengandalkan kekuatan kata-kata.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

"Keras Kepala" Itu Perlu saat Menulis di Kompasiana

17 Januari 2024   15:33 Diperbarui: 17 Januari 2024   15:43 523
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seorang ibu rumah tangga yang berusaha fokus menulis, meskipun diganguin anaknya. (sumber gambar: pexels.com/Ketut Subiyanto)

"Banyak orang bisa menulis cerita bagus dengan karakter bagus dan kalimat bagus. Yang langka adalah sikap keras kepala dan pragmatis yang memberi tahu dirimu, 'kamu harus menulis setiap hari, bahkan ketika kamu tidak ingin melakukannya.' -- Kevin Barry

Tahun 2023 lalu, saya membaca buku Pak Pepih Nugraha berjudul Tulislah! Mengembangkan Proses Kreatif Menulis. Di bab 19 buku itu, beliau membahas tentang perlunya bersikap "keras kepala" dan "egois" saat menulis berdasarkan wejangan Kevin Barry, seorang penulis asal Irlandia.

Siang ini, tak sengaja, saya membuka buku beliau itu dan teringat akan bab 19 yang pernah saya baca tahun lalu. Coretan dengan stabilo berwarna biru masih membekas di sepanjang bab 19. Saya tipe orang yang senang mewarnai buku bacaan dengan stabilo, kawan-kawan Kompasianer. He-he.

Setelah membaca bab 19 itu sekali lagi, saya terinspirasi untuk mengembangkannya lebih jauh berdasarkan pengalaman saya menulis di Kompasiana. Semoga apa yang saya bagikan ini menginspirasi kalian.

Saya menulis di Kompasiana hampir 5 bulan. Belum lama memang dibanding dengan teman-teman Kompasianer lain. Selama kurun waktu tersebut, saya giat menulis. Target saya adalah menulis 1 artikel setiap hari.

Kadang-kadang, malah lebih dari 1 artikel. Soal masuk Headline atau gak, itu urusan belakang. Yang terpenting target saya tercapai setiap hari.

Hasilnya gimana? Sekarang, trafik saya naik; jumlah komentar naik; jumlah poin apalagi; bahkan, follower saya bertambah terus setiap hari. Itu karena saya bersikap "keras kepala" dalam hal menulis.

Wait, tolong untuk tidak berprasangka buruk dulu, kawan-kawan Kompasianer. Jangan kira, saya membuat judul dengan kata-kata "keras kepala" yang konotasinya negatif, seakan-akan saya mengajak kalian melakukan hal-hal negatif. Tidak sama sekali.

"Keras kepala" yang dimaksud di sini adalah keinginan atau tekad yang kuat untuk menulis setiap hari di Kompasiana. Masalahnya, banyak gangguan saat kita mulai menulis, baik yang datang dari dalam maupun yang datang dari luar.

Contoh gangguan dari dalam seperti kurangnya motivasi untuk menulis, dan kehilangan ide menulis. Padahal, ide menulis ada di sekitar kita. Ipnu R. Noegroho dalam bukunya Jurus Jitu Menulis Kreatif mengemukakan 6 cara menemukan ide menulis antara lain sebagai berikut.

"Temukan ide dari topik bekerja anda, temukan ide dari pengalaman pribadi anda, temukan ide dari hal yang anda ketahui dan kuasai, temukan ide dari hal yang mampu memanjakan gairah anda, temukan ide dari hobi anda, dan temukan ide dari pengalaman kerja anda."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun