Mohon tunggu...
Biyan RamanandonoPutra
Biyan RamanandonoPutra Mohon Tunggu... Komunikasi IPB 56

Komunikasi IPB 56

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peluang Bisnis UMKM Angkringan di Saat Pandemi Covid-19

29 Maret 2021   20:38 Diperbarui: 29 Maret 2021   20:46 51 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peluang Bisnis UMKM Angkringan di Saat Pandemi Covid-19
Angkringan kuno Jalan Ahmad Yani 138, Bogor. / dokpri

Oleh : Biyan Ramanandono Putra -- 13 Maret 2021

Negara Indonesia sedang berpartisipasi untuk mengusahakan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals atau yang biasa di kenal sebagai (SGDs). Ini merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan.

Kurang lebih 8,5 juta suara warga di seluruh dunia juga berkontribusi terhadap Tujuan dan Target SDGs. Salah satu program SDGs yang di ambil peneliti dalam penelitian ini adalah Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi.

Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi yang tentunya mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan untuk tenaga kerja yang penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua.

UMKM adalah suatu pekerjaan yang dapat dilakukan oleh siapapun dengan membangun bisnis atau usahanya masing -- masing yang dapat di kembangkan sehingga menjadi bisnis yang besar. Tentunya di masa pandemic covid-19 ini banyak tempat -- tempat yang di batasi karena adanya social distancing yang memasuki salah satu protokol Kesehatan yang di tentukan oleh pemerintah.

Secara tidak langsung maka para pedagang, terutama di tempat yang di terapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) mengurangi penjualan secara langsung guna menerapkan protokol Kesehatan. Namun bukan berarti para pedagang tidak dapat menjual dagangannya, mereka tetap dapat menjualnya di wilayah sekitar dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Seperti Angkringan Kuno merupakan salah satu umkm yang bergerak di bidang angkringan atau kuliner yang berada di Jalan Ahmad Yani 138, Bogor. Angkringan ini buka pada saat masa pandemi " peluang bisnis disaat pandemi karena adanya faktor lokasi yang strategis, sedikitnya saingan, dan adanya dukungan dari keluarga dan kerabat terdekat, serta untuk memenuhi kebutuhan sehari -- hari. " Tutur Muh Rafli selaku pemilik Angkringan Kuno.

Maka dari itu dapat di simpulkan bahwa peluang bisnis di masa pandemi ini adalah adanya faktor lokasi yang strategis, sedikitnya saingan, dukungan dari orang terdekat dan juga untuk memenuhi kebutuhan sehari -- hari.

Tentunya manfaat SDGs Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi terlihat jelas dari dibentuknya dari usaha Angkringan Kuno ini karena dengan adanya umkm angkringan kuno dapat memberikan pekerjaan yang layak terhadap masyarakat sekitar dan membantu untuk menumbuhkan perekonomian di lingkungan sekitar selama masa pandemi.

VIDEO PILIHAN