Mohon tunggu...
Beti.MC
Beti.MC Mohon Tunggu... Relawan - Menulislah Selayaknya Bertutur, Mengalirlah Energi Kebaikan

Berbagi pengalaman, kesempatan dan cerita sehari-hari.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Mengolah Sampah Jadi Lebih Bermanfaat

29 September 2021   16:11 Diperbarui: 3 Oktober 2021   17:03 97 7 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

"Aku geli mba kalau ketemu cacing atau binatang waktu mainan tanah." Seorang teman merespon postinganku tentang bikin kompos. Ya, sesekali memang ketemu sih, tetapi itu kalau mengelola komposnya kurang telaten, bisa jadi ada belatung di wadahnya. Aku memang membuat kompos dengan beberapa cara, ada tiga yang sudah aku terapkan.

Satu, ini yang paling simpel menurutku, dengan bantuan wadah komposter, semua sisa sayuran bisa langsung dimasukkan. Hanya perlu sedikit tenaga untuk memotong lebih kecil agar mempercepat prosesnya, tapi kalau lagi malas, cemplungkan saja ya bisa kok. Wadah ini sudah aku pakai cukup lama, kira-kira 7 tahunan. Hasilnya, cairan coklat yang biasa disebut lindi merupakan pupuk cair. 

Selama ini sangat membantu untuk memberi nutrisi pada tanaman di rumah. Kalau soal bau, pakai saja masker agar mengurangi baunya. Jangan karena berbau kemudian tidak mengolah sampah, toh untuk kebaikan bumi ini.

Kedua, langsung dicampurkan ke tanah/ pot. Ini aku lakukan juga selama ini, terutama kalau menemukan tanah yang sudah keras, perlu digemburkan, jadilah potongan sayuran/ buah dipakai untuk campuran tanah. 

Di halaman rumah ada beberapa pot yang aku siapkan untuk jadi wadah mencampurnya, jadi kalau sedang tidak ada waktu banyak, tuang saja ke dalamnya, nanti diaduk-aduk saat kegiatan merawat tanaman atau ada waktu lebih luang. Praktis kan, cemplung!

Nah yang ketiga ini baru aku pelajari setelah agak lama mengamati proses pembuatannya dan mengikuti diskusi kelompok pembuat eco enzyme. Ya, cara ketiga adalah mengolah kulit buah/ sayuran dengan cara membuat EE. Metode ini juga simple, baik cara dan bahan yang dibutuhkan sangatlah mudah. 

Dengan memperhitungkan jumlah/ takaran, pembuatan EE sangat bisa dilakukan siapa saja, termasuk anak-anak. Kebetulan aku sering ditanya teman saat anaknya harus praktik membuat EE sebagai tugas sekolahnya.

Cara membuat EE aku kasih infonya nih, bisa dipraktikin dan dilanjutkan sebagai cara kita merawat bumi. Tak ada yang sulit jika dilakukan, yang sulit ya kalau gak dicoba.

Bahan membuat EE sebenarnya hanya kulit buat/ potongan sayur, air dan gula merah. Untuk komposisinya ikuti rumus ini: 1:3:10.

  • 1 bagian itu untuk takaran gula merah
  • 3 bagian itu untuk takaran kulit buah/ sayur  
  • 10 bagian itu untuk takaran air
  • Jangan ubah takarannya supaya berhasil EE yang dibuat.

Masih bingung, aku kasih ilustrasi ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan