Mohon tunggu...
Berty Sinaulan
Berty Sinaulan Mohon Tunggu... Penulis, Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog

Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog, Penulis, Peneliti Sejarah Kepanduan, Kolektor Prangko dan Benda Memorabilia Kepanduan, Cosplayer, Penggemar Star Trek (Trekkie/Trekker), Penggemar Petualangan Tintin (Tintiner), Penggemar Superman, Penggemar The Beatles

Selanjutnya

Tutup

Muda Pilihan

Pramuka Garuda, Syarat yang Dipaksakan?

5 Januari 2017   21:27 Diperbarui: 24 Februari 2017   15:15 8549 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pramuka Garuda, Syarat yang Dipaksakan?
Lambang Pramuka Garuda, untuk Pramuka Pandega (kiri atas), Penegak (kanan atas), Penggalang (kiri bawah), dan Siaga (kanan bawah). (Foto: BDHS)

Seminggu belakangan ini, kalangan Gerakan Pramuka – khususnya para Pramuka Penegak(16-20 tahun) dan Pandega (21-25 tahun), serta para Pembina Pramuka mereka – terlibat dalam diskusi mempermasalahkan syarat Pramuka Garuda bagi mereka yang ingin ikut serta Raimuna Nasional XI, yang akan diadakan di Bumi Perkemahan Pramuka Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, 14-21 Agustus 2016.

Sebagai informasi, Raimuna Nasional adalah kegiatan perkemahan besar seperti Jambore Nasional. Hanya bila Jambore Nasional untuk Pramuka Penggalang (11-15 tahun), maka Raimuna Nasional untuk peserta didik yang lebih dewasa. Kata “Raimuna” sendiri diambil dari bahasa Suku Ambai di Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua.

Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu "Rai" yang berarti sekelompok orang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama, dan "Muna" yang berarti daya kekuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan.

Bila digabungkan, Raimuna berarti sekelompok orang yang berkumpul dalam dengan dijiwai oleh daya kekuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan tujuan mereka. Itulah yang diharapkan dihasilkan ketika para Pramuka Penegak dan Pandega berkumpul dalam Raimuna.

Penggunaan kata “Raimuna” baru dimulai pada kegiatan nasional itu ketika diselenggarakan di Karangkates, Malang, Jawa Timur, pada 1978. Sebelumnya, kegiatan tersebut disebut Perkemahan Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera (Perppanitera), yang tingkat nasionalnya pertama kali diadakan di Cimanggis, Bogor, Jawa Barat, pada 1969.

Dalam sejarah pelaksanaan Raimuna Nasional yang biasa disingkat juga dengan Rainas, sejak pertama kali diadakan pada 1969 sampai yang kesepuluh di Papua lima tahun lalu, persyaratan peserta adalah Pramuka Penegak dan Pandega. Namun kini, ditambahkan persyaratan bahwa peserta bukan sekadar Pramuka Penegak dan Pandega saja, tetapi sudah harus mencapai tingkatan Pramuka Garuda.

Tingkatan Tertinggi

Tingkatan tertinggi yang disebut Pramuka Garuda itu ada di semua golongan peserta didik, mulai dari golongan Pramuka Siaga (7-10 tahun), Penggalang, Penegak, sampai Pandega. Seperti dikutip dari Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda yang merupakan Keputusan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Nomor 108.A Tahun 2008, tujuan pemberian Tanda Pramuka Garuda adalah untuk merangsang dan mendorong para Pramuka agar senantiasa melaksanakan satya dan darma Pramuka, meningkatkan kualitas dirinya secara terus-menerus, dan dapat menjadi teladan yang baik bagi anggota Gerakan Pramuka, maupun masyarakat luas, khususnya kaum muda.

Sedangkan sasarannya adalah untuk menggiatkan setiap Pramuka untuk berusaha meningkatkan kecakapan dan keterampilan, sikap serta tindakannya, sehingga dapat

menjadi manusia yang bermanfaat dan peduli terhadap lingkungannya. Kemudian juga untuk memberi kebanggaan bagi kaum muda atas perbuatan baik yang senantiasa dilakukan, dibiasakan dan dibudayakan melalui Gerakan Pramuka, dan kesehariannya. Serta sekaligus dapat menarik minat pramuka dan kaum muda lainya untuk mengikuti jejak Pramuka Garuda.

Bila di Indonesia disebut Pramuka Garuda, maka di sejumlah negara seperti di Amerika Serikat disebut Eagle Scout, lalu di Jepang disebut Fuji Scout, di negara-negara Persemakmuran Inggris disebut Queen’s Scout, di Korea dinamakan Tiger Scout, di Malaysia disebut Pengakap Raja, lalu ada juga menamakan President Scout, dan banyak nama lainnya. Intinya, mereka adalah Pramuka yang telah mencapai tingkatan tertinggi di golongan masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x