Mohon tunggu...
Bernadyta Anggyta
Bernadyta Anggyta Mohon Tunggu... Lainnya - Masih Pemula

Beruna desu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnalisme di Indonesia Berkembang Mencapai Jurnalisme Multimedia

26 September 2022   13:57 Diperbarui: 26 September 2022   15:42 110 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurnalisme adalah suatu kegiatan untuk mengumpulkan berita, mencari fakta, serta melaporkan peristiwa. Sedangkan Jurnalisme multimedia adalah jurnalistik kontemporer yang menggabungkan beberapa elemen dari audio, foto, video, teks, animasi, dan infografis  dikemas dalam pemberitaan.

Jurnalisme multimedia sebenarnya tidak baru saja muncul, tetapi sudah cukup lama. Namun memang dulu pembawaannya terpisah seperti, audio di radio, video di televisi, dan teks gambar di media cetak.

Indonesia sendiri juga awalnya hanya menggunakan media yang sudah dijelaskan diatas. Penggunaan media seperti koran, televisi, dan radio termasuk kedalam media tradisional. 

whatsapp-image-2022-09-26-at-11-00-54-1-633151834addee490f46d608.jpeg
whatsapp-image-2022-09-26-at-11-00-54-1-633151834addee490f46d608.jpeg
Semakin berkembangnya zaman Indonesia mulai mengikuti proses berubahnya teknologi. Masuklah kedalam internet yang membuat semakin cepat, mudah, dan murah untuk mendapatkan info dari internet atau web.

Internet semakin bangkit lagi dan sudah banyak orang Indonesia sudah memegang barang elektronik terkhususnya HP. HP ini adalah info dari segala informasi, karena jika mencari berita di HP sangat mudah.

Berkembangnya HP mulai banyak aplikasi yang tercipta. Beberapa aplikasi yang sering dipakai sekarang adalah line, wa, instagram, tiktok, twitter, facebook, dll.

whatsapp-image-2022-09-26-at-11-03-04-6331518ec8351220c7103912.jpeg
whatsapp-image-2022-09-26-at-11-03-04-6331518ec8351220c7103912.jpeg
Dulu pemberitaan berita hanya muncul di web kala masih zaman internet awal. Tetapi sekarang banyaknya media sosial dan mengejar pasar maka banyak sekali akun berita bahkan dari kantor resminya membuat dan meramaikan didalamnya.

Dalam instagram ternyata banyak media berita mulai masuk dan berkarya semenarik mungkin untuk menarik masyarakat. Contohnya akun harian kompas(@hariankompas) , menyajikan konten menarik yang isinya sebuah gambar, audio, video, serta tulisan yang menjelaskan akan sesuatu kegiatan dengan menarik.

Jurnalisme sekarang masih tetap bertahan di dalam media tradisional tetapi tidak hanya berhenti disitu, tetapi mulai mengikuti zaman dengan jurnalisme multimedia. Memanfaatkan fasilitas ini demi tetap bertahan dan memamerkan konten yang bermanfaat sesuai fakta yang ada.

Perkembangan jurnalisme ke jurnalisme multimedia di Indonesia sangatlah pesat dan terduga lancar. Karena sampai sekarang media berita masih bertahan di bidang tradisional, membuat web di internet, dan bahkan hingga media sosial.

Hal yang lebih kekinian tentang jurnalisme multimedia contohnya adalah podcast. Podcast dulunya hanya dapat didengarkan di radio. Sekarang podcast disini biasa dimasukan YouTube mampu menayangkan konten podcast dengan audio dan video serta gambar dan editan didalamnya.

Podcast adalah suatu pembawaan sebuah berita yang difokuskan kepada bahasan obrolannya yang sekarang di modifikasi dengan video dan gambar yang mendukung. Pembawaan yang lebih nyata karena mampu juga melihat mimik wajah dari para pembicaranya yang membuatnya semakin nyata.

Banyak juga podcast yang tersebar di youtube dari membahas hal yang tidak penting, gosip, hingga pemberitaan yang aktual untuk menjelaskan kepada khalayak tentang hal apa yang sedang terjadi. Maka kebanyakan podcast seperti milik Deddy Corbuzier dia selalu mengundang orang yang sedang naik namanya atau beritanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan