Mohon tunggu...
Martha Weda
Martha Weda Mohon Tunggu... Menulis untuk mengurangi antrean ide dalam kepala

Email: berlianamartha@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Cara Penggunaan dan Pemeliharaan AC yang Benar, agar Tidak Perlu Sering Isi Ulang Freon

5 Juni 2021   19:36 Diperbarui: 6 Juni 2021   04:12 1741 45 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Penggunaan dan Pemeliharaan AC yang Benar, agar Tidak Perlu Sering Isi Ulang Freon
Ilustrasi AC (Sumber : Shutterstock / Naypong Studio via Kompas.com)

Sebagian besar konsumen pengguna AC belum mengetahui cara penggunaan dan cara pemeliharaan AC yang benar, agar AC tidak cepat rusak, tahan lama, dan freon awet bertahun-tahun tanpa perlu sering isi ulang.

Air Conditoner (AC), atau alat pendingin ruangan, dewasa ini tidak lagi dipandang sebagai barang mewah oleh sebagian masyarakat kita. Terutama bagi sebagian warga yang berdomisili di kawasan perkotaan seperti Jakarta, dan sekitarnya.

Kondisi perumahan atau perkampungan dengan rumah yang rapat dan padat, serta minimnya penghijauan, mejadi salah satu penyebab udara di kawasan perkotaan terasa panas, baik siang maupun malam hari.

Begitu pula dengan kami yang bermukim di kawasan padat penduduk di sudut kota Depok. AC menjadi kebutuhan vital yang tidak bisa ditunda pemenuhannya.

Tanpa AC, sulit bagi kami untuk bisa melewati malam dengan nyaman disertai tidur yang nyenyak. Tanpa AC, udara yang panas, akan membuat tubuh selalu berkeringat bahkan pada malam hari. Bahkan kipas angin tidak banyak membantu. Untuk itu, AC menjadi kebutuhan vital.

AC yang kami gunakan saat ini adalah AC yang kedua kami gunakan. AC pertama yang kami miliki sebelumnya hanya berumur 7 tahun.

AC pertama ini bahkan sudah mulai "sakit" sejak tahun ketiga penggunaannya. Padahal AC pertama ini kami beli dalam keadaan baru, dan dari merk yang cukup terkenal..

AC kedua yang kami gunakan kini, kami beli di pertengahan tahun 2015. Berarti pertengahan tahun ini sudah 6 tahun AC terebut menjalankan tugasnya. Dan selama 6 tahun penggunaan, tidak pernah rusak.

Satu kali permasalahan hanya ketika air menetes dari mesin indoor, yang ternyata saluran pembuangan tersumbat oleh debu sehingga air pembuangan tidak bisa mengalir ke pipa outdoor, dan akhirnya menetes langsung ke lantai.

Pada AC yang kedua ini saya melakukan teknik penggunaan dan pemeliharaan AC sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan yang saya kumpulkan sebelumnya. Dan terbukti, selama 6 tahun penggunaan, dan akan memasuki tahun ke tujuh, AC tersebut tidak pernah rusak, dan tidak pernah melakukan isi ulang Freon, namun tetap dingin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN