Mohon tunggu...
irvan sjafari
irvan sjafari Mohon Tunggu... Jurnalis - penjelajah

Saat ini bekerja di beberapa majalah dan pernah bekerja di sejumlah media sejak 1994. Berminat pada sejarah lokal, lingkungan hidup, film dan kebudayaan populer.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Bupati Gresik Bersepeda Promosikan Produk Isi Ulang

2 Maret 2024   23:07 Diperbarui: 2 Maret 2024   23:18 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (tengah) dalam Aksi Brantas Community-Foto: Dokumentasi Ecoton

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani turun ke lapangan untuk mengajak warganya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.  Tidak tanggung-tanggung, pria yang karib disapa Gus Yani ini menggunaan sepeda menawarkan produk isi ulang (refill) sabun, shampo, cairan pencuci piring, sabun cuci, cairan pengepel lantai.

Gus Yani meminta warganya  mendekati Ramadan ini untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.  Kalau warganya pergi ke pasar atau ke toko harus membawa tas dari rumah.  

"Nanti kalau penjualnya kasih Tas kresek kita bilang ke mereka kalau kita sudah bawah Tas Dari rumah" ujar Gus Yani di sela acara Aksi Brantas Community yang digelar Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton) pada 2 Maret 2024 di Desa Wringinanom.

Menurut Bupati upaya menjaga kualitas air sungai harus dilakukan terus menerus karena sungai adalah sumber kehidupan. 

"Di banyak negara peradaban dimulai dari menata sungai, upaya komunitas aksi Brantas ini harus dilanjutkan karena membuka akses anak-anak muda untuk terlibat dalam menjaga sungai" tutur Gus Yan dalam keterangan tertulis yang saya peroleh dari Ecoton.

Bupati Gresik mendukung promosi Refill keliling bertujuan agar semakin banyak ibu-ibu mempraktikkan gaya hidup guna ulang. Sasarannya agar produksi sampah plastik akan berkurang sehingga bisa membantu pengurangan volume sampah di TPA Ngipik.

Libatkan Ratusan Pegiat

Aksi Brantas Community ini sendiri  melibatkan ratusan pengiat Kali Brantas Dari Tulungagung, Kota dan Kabupaten Kediri, Jombang, Mojokerto, Surabaya dan Gresik.

Direktur Eksekutif Ecoton Daru Setyorini mengatakan Aksi Brantas community adalah wadah bagi penggiat lingkungan di sepanjang Kali Brantas. 

"Mereka mempunyai komitmen menjaga kualitas air sungai dan menggembalikan fungsi ekologis Sungai Brantas sebagai habitat ikan dan bahan Baku PDAM," ujar Daru.

Lebih lanjut Direktur Eksekutif Ecoton Aksi Brantas Community juga melakukan melakukan pemantauan kualitas air sungai Brantas dengan menggunakan parameter fisika seperti pH, nitrat, phospat, kandungan oksigen terlarut dalam air dan serangga air.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun