Mohon tunggu...
Martha Weda
Martha Weda Mohon Tunggu... Menulis untuk mengurangi antrean ide dalam kepala

Email: berlianamartha@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Seperti Ini Ujian SD di Sekolah Anak Saya, Bagaimana Ujian di Sekolah Putra-putri Anda?

28 April 2021   18:28 Diperbarui: 28 April 2021   22:37 377 55 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seperti Ini Ujian SD di Sekolah Anak Saya, Bagaimana Ujian di Sekolah Putra-putri Anda?
Si Ganteng sedang mengikuti Ujian hari keempat untuk mata pelajaran IPA (Foto : Martha weda)

Sejak Hari Jumat, 23 April yang lalu, anak saya "Si Ganteng" yang duduk di kelas 6 SD mengikuti ujian teori yang dilaksanakan pihak sekolah. Ujian ini akan berlangsung hingga 6 Mei 2021, dan hari ini sudah memasuki hari keempat.

Ujian teori ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom dengan soal-soal telah disediakan di google classroom. Setiap hari ada satu bidang studi yang diujikan, dengan total 10 mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, matematika, IPA, IPS, PPKn, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PLBJ, PJOK, dan SBdP. 

Pelaksanaan ujian ini dilakukan mirip seperti di sekolah. Hanya saja, siswa bukan berada di ruang ujian nyata, tetapi di ruang ujian virtual. Seluruhnya ada 6 ruang ujian. Si ganteng berada di Ruang 6 bersama 22 siswa lainnya.

Pada saat ujian berlangsung, siswa wajib menyalakan kamera dan mengatur posisi duduk sedemikan rupa sehingga posisi dada sampai kepala terlihat jelas. 

Ada 2 guru yang mengawasi selama ujian. Di ruang anak saya, dua guru pengawas terdiri dari satu guru konmputer, dan satu guru pendamping.

Seorang guru komputer sepertinya sengaja ditempatkan di setiap ruang ujian virtual, agar proses ujian bisa berlangsung lancar. Kalaupun ada kendala seperti masalah jaringan, perangkat komputer, dan kemampuan siswa dalam mengoperasikan sistem dan aplikasi, guru komputer siap segera membantu.

Berhubung hanya ada 2 guru komputer di sekolah anak saya, beberapa guru lain yang sudah terlatih dalam bidang IT untuk proses belajar mengajar jarak jauh, dilibatkan untuk mendampingi siswa di ruang ujian lainnya.

Guna mengantisipasi keterbatasan pulsa, sejak satu minggu yang lalu, guru wali kelas sudah mendata siapa-siapa saja siswa yang dalam proses PJJ nya menggunakan wifi dan siapa saja yang menggunakan pulsa prabayar. Khusus untuk siswa yang menggunakan pulsa prabayar, sekolah memberi bantuan berupa pulsa internet sebesar 50 ribu rupiah perhari khusus untuk ujian hari pertama dan kedua.

Sejak hari pertama ujian, si ganteng sudah bangun sejak pukul 6 pagi. Setelah bermain sebentar dengan kucing peliharaanya, mandi, mengenakan seragam sekolah, lalu sarapan, pukul 7 pagi, si ganteng sudah wajib mengisi daftar hadir.

Lalu pukul 7.30 harus sudah masuk ke ruang virtual ujian untuk mendengarkan pengarahan dari guru. Tepat jam 8 pagi, ujian dimulai. Durasi ujian antara 1,5 hingga 2 jam, tergantung bidang studi yang diujikan.

Sampai hari keempat ini, setiap bidang studi umumnya terdiri dari 30 soal pilihan berganda dan 5 soal uraian. Untuk soal pilihan berganda bisa langsung dikerjakan di dalam aplikasi. Sementara untuk jawaban uraian, harus dikerjakan di kertas bergaris menggunakan tinta pulpen berwarna hitam, lalu di-upload ke google classroom.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN