Mohon tunggu...
Martha Weda
Martha Weda Mohon Tunggu... Freelancer - Mamanya si Ganteng

Nomine BEST In OPINION Kompasiana Awards 2022, 2023. Salah satu narasumber dalam "Kata Netizen" KompasTV, Juni 2021

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Anies Kembali Berlakukan PSBB Total, Perketat Protokol Kesehatan

11 September 2020   19:58 Diperbarui: 12 September 2020   06:01 591
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakilnya, Achmad Riza Patria (Dokumetasi Pemprov DKI Jakarta via Kompas.com)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kembali menarik rem darurat dan memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total mulai 14 September 2020. 

Sebagai warga yang tinggal di wilayah perbatasan Depok dan Jakarta, saya menyambut dengan senang hati keputusan ini.

Hal ini bukan tanpa alasan. Tempat tinggal kami hanya berjarak kurang dari 0,5 km dari Pondok Labu, Jakarta Selatan. Dengan jumlah pasien Covid-19 yang terus meningkat, membuat kami semakin waspada. Apalagi bila kami perhatikan saat-saat bepergian ke luar rumah, masih banyak warga yang beraktivitas tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Melihat situasi yang masih rawan ini, saya dan keluarga berusaha mematuhi protokol kesehatan semaksimal mungkin. Peringatan mencuci tangan tak henti-hentinya saya gaungkan di rumah, terutama untuk anak saya.

Sebisa mungkin tidak keluar rumah bila tidak ada yang penting, itu pun kami lakukan. Selama hampir 6 bulan pandemi, hanya tiga kali saya dan suami ke mal. Itupun bukan untuk jalan-jalan, namun untuk suatu keperluan yang tidak bisa ditunda.

Waktu berbelanja bahan-bahan makanan kering ke minimarket atau supermarket terdekat pun saya kurangi. Paling banyak satu minggu hanya satu kali .Terkadang dua minggu sekali. Itupun kami tidak berlama-lama di sana.

Sejak dari rumah sudah saya catat dalam memori apa saja yang hendak saya beli. Sehingga ketika tiba di minimarket, dengan cepat saya mengambil barang-barang yang saya perlukan, lalu bergegas ke kasir untuk membayar.

Sepulangnya dari sana biasanya kami akan langsung mandi. Anak pun saya larang untuk mendekat sampai saya benar-benar bersih.

Sedangkan untuk bahan makanan basah seperti sayuran, buah-buahan dan bahan untuk lauk pauk, saya cukup berbelanja di warung langganan dekat rumah yang cukup lengkap.

Bila ada bahan makanan yang saya perlukan di beberapa hari ke depan pun saya tinggal memesan ke pemilik warung.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, sekarang saya lebih selektif untuk urusan makanan. Sebisa mungkin menyediakan makanan dengan gizi seimbang. Ditambah konsumsi vitamin setiap hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun