Mohon tunggu...
Berliana Putri Aulia
Berliana Putri Aulia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa universitas Diponegoro

Seorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, mampu memanajemen waktu dengan baik, bekerja sama dalam team dan bekerja dibawah tekanan, dapat mengambil peluang berwirausaha, optimis, memiliki kreativitas yang tinggi dan pantang menyerah dalam mencapai tujuan.

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

Pengembangan Pemahaman dan Ketrampilan Bidang Peternakan di Kelurahan Sidomulyo

14 Agustus 2022   07:47 Diperbarui: 14 Agustus 2022   07:50 59 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sidomulyo (7/7/2022) mahasiswa KKN melakukan program monidisiplin berupa penyuluhan cara penyimpanan produk ternak yang ideal dan inovasi pengolahan produk ternak bersama ibu-ibu PKK Kelurahan Sidomulyo yang dilaksanakan di rumah ibu ketua RW 02 Kelurahan Sidomulyo. 

Hasil survey dengan beberapa ibu-ibu terdapat permasalahan kurangnya pemahaman dalam penyimpanan produk ternak dan inovasi pengolahan produk ternak sehingga mahasiswa KKN melaksanakan program yang bertujuan untuk memberikan informasi terkait cara penyimpanan produk ternak yang meliputi susu, daging dan telur terutama pada penyimpanan daging sapi untuk mempertahankan kualitas dan nutrisi selama proses penyimpanan karena mendekati hari raya Idul Adha. 

Penyuluhan inovasi pengolahan produk ternak bertujuan untuk mengembangkan SDM dan SDA yang ada sehingga ibu-ibu rumah tangga dapat membuat produk olahan ternak yang memiliki nilai jual dan dapat meningkatkan perekonomian serta menurunkan angka kemiskinan. 

Program kerja tersebut dilakukan dengan memberikan materi penyuluhan cara penyimpanan daging, susu, dan telur yang ideal serta inovasi pengolahan produk ternak mengenai cara pengolahan telur asin ayam dengan cara diskusi dan memberikan media penyuluhan berupa leaflet yang diikuti oleh 30 peserta dari ibu-ibu PKK dan 3 mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro tahun 2022.

Leaflet Penyuluhan Cara Penyimpanan dan Inovasi Pengolahan produk Ternak

Dokpri
Dokpri

Kegiatan Penyuluhan Bersama Ibu-ibu PKK Kelurahan Sidomulyo

Dokpri
Dokpri

(2022) Mahasiwa KKN TIM II UNDIP 2022 melaksanakan program monodisiplin Penyluhan dan Praktik Sanitasi dan Biosecurity di Peternakan Milik Warga di Lingkungan Kelurahan Sidomulyo. 

Kegiatan dilakukan dengan pemberian materi dan diskusi dengan menggunakan media poster, praktik sanitasi kandang dan pemberian desinfektan untuk sanitasi kandang ke peternak. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu 5 warga yang memiliki ternak. 

Kegiatan dilaksanakan di kandang ternak milik warga. (31/72022) Mahasiswa KKN TIM II UNDIP melaksanakan program Penyluhan dan Praktik Sanitasi dan Biosecurity di Peternakan Sapi Perah di Lingkungan RW 03.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan