Mohon tunggu...
Berliana BintangCahyaning
Berliana BintangCahyaning Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Public Relations Era Digital

6 Desember 2023   10:00 Diperbarui: 6 Desember 2023   10:01 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada era digital ini, pasti banyak mayarakat yang sudah menggunakan media online dan teknologinya yang dapat dimanfaatkan dan juga semakin terjangkau dan mudah digunakan. Pada jaman modern ini juga masyarakat pasti lebih banyak membaca berita melalui website berita online karena mudah dijangkau dan tidak perlu mengeluarkan uang. Saat ini banyak perusahaan bisa menciptakan media sendiri melalui web maupun media sosial dengan biaya yang murah, bahkan tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang.

Apa saja yang dilakukan Public Relation?

PR (Public Relation) berfungsi untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau organisasi. PR harus merancang dan melaksanakan program program promosi yang efektif, seperti event managemen, sponsorship, dan media relations, dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan membangun citra positif perusahaan atu organisasi di mata publik. Seorang PR juga harus menguasai atau dapat mengoperasikan teknologi informasi, karena PR pad jaman ini dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan zaman yang ada dan lebih mudah dan luas jangkauannya melalui media online. Para praktisi PR yang telah menjalankan beberapa kegiatan dalam Digital PR, tentu tidak melepaskan diri dari kegiatan PR yang masih menggunakan strategi secara tradisional atau offline.

Digital Public Relation (DPR) adalah strategi pemasaran online yang digunakan untuk meningkatkan keberadaan bisnis secara online. DPR melibatkan cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari situs web dan media online dan ulasan pengguna yang jujur (diharapan baik). DPR dapat membantu menjangkau target pelanggan dengan menampilkan bisnis di situs web yang dibaca, podcast yang didengar dan akun media sosial yang disukai.

Konsep PR di era digital yaitu PR sangat berhubungan erat dengan Era Digital, lebih tepatnya terhadap teknologi internet. Pada dasarnya manfaat dari PR yaitu menyampaikan informasi kepada organisasi dan publiknya.

Manfaat Media Sosial bagi PR yaitu dapat menjangkau pelanggan sesuai target, terhubung dengan pelanggan dimanapun berada, menimbulkan efek viral yang dahsyat, dan biayanya relatif murah bahkan bisa gratis.

Aktifitas PR di era digital biasanya PR mendengarkan percakapan publik tentang brand di media sosial, mendeteksi isu-isu di media sosial yang dapat mempengaruhi brand, dan menciptakan konten brand yang menarik bagi publik.

Senjata PR di era digital biasanya menggunakan media sosial seperti twiter, facebook, instagram, tiktok dan  publikasi seperti website, blog bahkan video youtube.

Digital Public Relations dapat menguntungkan bisnis yaitu dengan memperhatikan dan menetapkan hal-hal sebagai berikut:

1. Tingkatakan SEO dan Ranking

2. Tingkatkan Traffic Situs Web

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun