Mohon tunggu...
Humaniora

Mengenal Sosok Aktivis Muda Eric Fernando Li s mn

20 Oktober 2018   13:20 Diperbarui: 20 Oktober 2018   13:40 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mengenal Sosok Aktivis Muda Eric Fernando  Li s mn
img-0193-jpg-5bcacd21c112fe118a722692.jpg

Eric Fernando (Eric) merupakan Sarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia dengan Predikat Cum-Laude. Bungsu dari tiga bersaudara ini lahir di Jakarta, 6 Juni 1996 dengan nama Tionghoa Li s m?n (???).

Ayah dan Ibu Eric berasal dari Suku Hakka tepatnya Singkawang, Kalimantan Barat dengan tutur bahasa Khek. Di usia Eric yang baru menginjak tiga tahun, ayahnya meninggal dunia sehingga membuat sang ibu bekerja sangat keras membangun usaha konveksi untuk menghidupi ketiga anaknya. Jatuh bangun bisnis konveksi yang dirintis sang ibu membuat Eric menyadari kerasnya kehidupan.Sewaktu menempuh pendidikan sekolah dasar, Eric dikenal sebagai anak yang rajin belajar. Ia acapkali mendapatkan ranking 1 di kelas serta telah menunjukkan ketertarikan pada bidang ilmu sosial.

Eric menyelesaikan masa studi sekolah menengahnya di Penabur 2 Jakarta. Ia masuk penjurusan IPA, meski kegemarannya adalah membaca buku-buku biografi. Selama bersekolah ini, Eric juga berhasil mendapatkan rekor sebagai Ruby Director termuda pada usia 17 tahun di salah satu perusahaan MLM dengan omzet setengah milliar rupiah.

Setelah lulus dari masa sekolah, Eric memutuskan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ia diterima sebagai mahasiswa S-1 Reguler Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia. Semasa kuliah, Eric aktif mengikuti berbagai organisasi intra maupun ekstra kampus.

Di tahun 2016 ia tercatat menjadi Ketua Panitia Waisak 3 aliran pertama di Depok yang dihadiri lebih dari 400 partisipan. Eric juga pernah menjadi Ketua Panitia Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI di FISIP UI pada tahun 2017. Di tahun ini juga ia terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai salah satu investor saham.

Semasa kuliah, Eric juga berkesempatan kerja paruh waktu sebagai Tenaga Ahli Anggota DPR RI. Ia membantu anggota DPR RI dari Komisi VII yang membidangi Energi Sumber Daya Mineral, Kehutanan Lingkungan Hidup, Riset Teknologi Pendidikan Tinggi. Kegemaran membaca buku, membuat Eric gemar membagikan filosofi kehidupan dengan berkeliling ceramah dhamma ke berbagai kampus dan vihara. 

Di tahun 2017 Eric mendapat penghargaan sebagai Juara I Dhammadesana STG Provinsi DKI Jakarta yang diadakan oleh Kementerian Agama RI. Hobinya dalam mengabadikan momen, juga membuatnya diberi penghargaan oleh Kapolri Tito Karnavian sebagai panitia terbaik divisi dokumentasi.

Prinsip hidupnya adalah

" "

"Rnmen bx zhnbi ho xing rnh rn xux" Manusia harus siap belajar dari siapapun

Membuat laki-laki yang menganggap dirinya "Full Time Learner" ini selalu berupaya untuk terus rendah hati agar bisa belajar dari siapapun.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x