Mohon tunggu...
Benny Fernandy
Benny Fernandy Mohon Tunggu... Mahasiswa - asal aja

penulisan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Dampak Media Sosial bagi Kalangan Anak di Bawah Umur 17 Tahun

16 Juli 2021   00:05 Diperbarui: 16 Juli 2021   00:39 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perkenalkan, Saya Benny Fernandy Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan yang berada di Yogyakarta jurusan Ilmu Komunikasi Semester 4.

Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. Lahirnya media sosial menjadikan pola perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etikan dan norma yang ada. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dengan berbagai kultur suku, ras dan agama yang beraneka ragam memiliki banyak sekali potensi perubahan sosial. Dari berbagai kalangan dan usia hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan menyampaikan informasi ke publik.

Semakin berkembangnya teknologi maka juga semakin banyak bidang yang ada dan perlu untuk dikembangkan. Salah satunya adalah teknologi informasi. Ini merupakan bidang yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Tanpa adanya teknologi informasi mungkin perkembangan yang terjadi tidak akan semaju ini.

pengertian teknologi Informasi (IT) adalah istilah umum teknologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi. Teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang memiliki fungsi dalam mengolah data, memproses data, memperoleh, menyusun, menyimpan, mengubah data dengan segala macam cara untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat atau juga berkualitas.

Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan karena dibutuhkannya pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan kata lain, karena sangat solusi, kreativitas, efektivitas dan efisiensi dibutuhkan dalam sebuah sistem kerja maka teknologi informasi ini kemudian diciptakan.

Manfaat teknologi informasi dalam aktivitas sehari-hari sangat penting. Manfaat ini bisa digunakan sebagai penunjang kehidupan yang lebih baik dikarenakan ada teknologi informasi yang bisa membantu aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien. Manfaat ini dapat digolongkan berdasarkan kebutuhannya seperti :

  • Untuk Pendidikan

Untuk Industri dan Manufaktur

Untuk Bisnis dan Perbankan

Untuk Militer

Untuk Teknik dan Pengetahuan

Untuk Kedokteran

Untuk Pemerintahan

Untuk Hiburan dan Permainan

Untuk Bidang Kriminal

Internet di era digital saat ini sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari -- hari. Mulai dari kalangan muda hingga kalangan dewasa, mayoritas menggunakan internet sebagai media bantu dalam mengerjakan dan menghubungkan berbagai aktivitas manusia secara efektif, akurat dan efisien. Nah, bagi sebagian besar orang mungkin sudah sangat mengenal dengan pengertian internet.

Bagi individu generasi millennial mungkin sangat erat kaitannya dengan penggunaan internet. Akan tetapi, untuk kalangan diluar generasi tersebut sebagian besar masih ada yang kesulitan untuk mengakses jaringan internet melalui perangkat media yang dimiliki. Pada artikel kali ini, kami akan memaparkan beberapa hal seputar pengertian internet, serta sejarah, perkembangan, dan manfaatnya.

Salah satu tren dalam teknologi informasi adalah pemanfaatan internet. Internet sebagai jaringan komputer global mempunyai fungsi yang penting yaitu sebagai media informasi telekomunikasi, sebagai media perdagangan elektronik dan lain sebagainya. Jaringan tersebut menghubungkan sumber daya-sumber daya komputer yang tersebar secara geografis diseluruh dunia. Internet juga merupakan salah satu teknologi informasi yang penting pada saat ini dan merupakan isu yang secara luas dibicarakan mulai dekade tahun 1900an.

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lain dengan cepat dan tepat. Jaringan komunikasi tersebut, akan menyampaikan beberapa informasi yang dikirim melalui transmisi sinyal dengan frekuensi yang telah disesuaikan. Untuk standar global dalam penggunaan jaringan internet sendiri menggunakan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Internet adalah alat penghubung antara organisasi dan pelanggannya, sehingga tercipta sebuah organisasi baru secara virtual. Menurut DeFleur & Dennis dalam Zin, Muda, & Nordin, internet adalah sebuah sistem komputasi di seluruh dunia yang menggunakan sarana umum untuk menghubungkan perangkat keras dan mentransmisikan informasi digital, komunitas orang dengan menggunakan sebuah teknologi komunikasi yang umum dan mendistribusikan sistem informasi secara global.

Sehingga dapat disimpulkan Internet memungkinkan satu individu untuk terhubung dengan satu atau lebih individu lainnya baik untuk berkomunikasi, menerima serta menyebarkan informasi.

 Internet memiliki beberapa karakteristik yang khas, sehingga media ini dapat digunakan sebagai media pendukung perkuliahan. Beberapa karakteristik tersebut adalah sebagai berikut :

1. Sebagai media interpersonal dan juga sebagai media massa yang memungkinkan terjadinya komunikasi antar                    individu maupun antar kelompok.

 2. Memiliki sifat interaktif.

3. Memungkinkan terjadinya informasi secara sinkron (synchronous) maupun tertunda (ansynchronous).

Setelah mengetahui sejarah internet singkat mulai dari terbentuknya internet pertama kali, berikutnya akan membahas mengenai perkembangan dari internet secara global. Dari tahun ke tahun, perkembangan internet mengalami perubahan yang signifikan dari segi cakupan, transmisi, kecepatan, dan penggunaan.

Dari segi cakupan sendiri meliputi skala wilayah atau batas tersedianya jangkauan akses internet di wilayah tertentu. Saat ini, banyak negara yang berlomba -- lomba untuk memperluas jaringannya menggunakan satelit. Dengan adanya satelit, maka mampu untuk menjangkau wilayah yang lebih luas.

Berikutnya adalah dari perkembangan internet pada transmisi paket data yang digunakan. Untuk saat ini proses transmisi data yang dilakukan sangat berbeda dengan tahun -- tahun sebelumnya. Karena didukung oleh banyak teknologi terbaru dan lebih modern yang sesuai dengan konsep dan pengertian internet. Dari sisi kecepatan, banyak industri teknologi yang mengembangkan beberapa generasi jaringan. Mulai dari 2G, 3G, 4G, hingga yang terbaru sekarang adalah 5G.

perkembangan internet dari segi penggunaannya. Pengembangan teknologi informasi tidak ada habis -- habisnya. Sehingga, banyak sekali perubahan yang terjadi mulai dari informasi, komunikasi dan perangkat yang digunakan. Jika awal pengembangan internet digunakan untuk kebutuhan riset militer, maka untuk sekarang cakupannya lebih banyak lagi. Seperti penggunaan untuk bidang pendidikan, sosial, politik, budaya, militer, komunikasi, informasi, bisnis, dan lain sebagainya.

Banyak sekali manfaat internet dalam kehidupan sehari -- hari. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan internet bagi manusia:

     1. Bidang Bisnis

2. Bidang Pendidikan

3. Bidang Informasi

4. Bidang Kesehatan

5. Bidang Sosial dan Hiburan

Media social sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Semua aktivitas kita pasti terhubung dengan media social. Apalagi di masa pandemic seperti ini, minimnya kegiatan keluar rumah membuat kita mau tak mau selalu menggunakan gadget dan social media. Sebagian dari kita, menganggap bahwa media social membantu kita menghilangkan stress, menghibur, dan sebagainya. Tanpa kita sadari, gadget dan social media kita diawasi oleh pihak-pihak tertentu.

Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Sosial media dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar yaitu :
1. Social Networks, media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi ( Facebook, myspace, hi5, Linked in, bebo, dll)
2. Discuss, media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi (google talk, yahoo! M, skype, phorum, dll)
3. Share, media sosial yang memfasilitasi kita untuk saling berbagi file, video, music, dll (youtube, slideshare, feedback, flickr, crowdstorm, dll)
4. Publish, (wordpredss, wikipedia, blog, wikia, digg, dll)
5. Social game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama (koongregate, doof, pogo, cafe.com, dll)
6. MMO (kartrider, warcraft, neopets, conan, dll)
7. Virtual worlds (habbo, imvu, starday, dll)
8. Livecast (y! Live, blog tv, justin tv, listream tv, livecastr, dll)
9. Livestream (socializr, froendsfreed, socialthings!, dll)
10. Micro blog (twitter, plurk, pownce, twirxr, plazes, tweetpeek, dll)

Sosial media meghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, batasan ruang maupun waktu, dengan media sosial ini manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka bereda dan kapanpun, tidak peduli seberapa jauh jarak mereka, dan ttidak peduli siang atau pun malam.

Sosial media memiliki dampak besar pada kehidupan kita saat ini. Seseorang yang asalnya "kecil" bisa seketika menjadi besar dengan Media sosial, begitupun sebaliknya orang "besar" dalam sedetik bisa menjadi "kecil" dengan Media sosial.

Media membantu orang ramai untuk membentuk pendapat, mendapatkan maklumat, dan membuat
keputusan mengenai beberapa isu. Ia membolehkan mereka maklum dan sedar mengenai
peristiwa di seluruh dunia dengan menekan jari digajet masing-masing. Media sosial mendapat
perhatian berjuta-juta pengguna dan menarik mereka untuk mengintegrasi laman media sosial
dalam kehidupan seharian mereka. Walau bagaimanapun, penggunaan laman web ini
mempunyai kedua-dua manfaat dan kemudaratan (Rajeev, 2015)

Dalam beberapa tahun kebelakangan ini, media sosial menjadi sebahagian daripada
kehidupan seharian kita. Ia sama seperti televisyen, akhbar, dan radio tetapi ia jauh lebih
daripada sekadar idea dan perkongsian maklumat. Aplikasi media sosial termasuk Facebook,
Twitter, Blog, dan Flickr telah memudahkan idea bertukar dan mencipta dengan cara yang begitu
luas dan cepat daripada media tradisional (Shahjahan & Chisty, 2014).

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Tujuan dari adanya social media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

Agar pengguna media sosial (medsos) lebih mudah dan cepat, dibutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Anda tidak perlu lagi menghubungi orang lain melalui kabel telepon atau alat komunikasi tradisional. Cukup dengan mengakses media sosial, anda dapat terhubung dengan banyak orang, membuat forum, diskusi bersama, mengunggah aktivitas keseharian anda, dan lain sebagainya.

Penggunaan akan perangkat teknologi seperti komputer, smartphone atau tablet mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan kebutuhan akan jaringan internet. Banyak hal yang dapat dilakukan, dan media sosial adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna internet saat ini.

Mungkin, bagi sebagian besar pengguna sudah mengetahui fungsi dan berbagai fitur yang disajikan dalam sebuah aplikasi media sosial. Namun, ada beberapa manfaat lain yang perlu anda ketahui dan juga dapat anda eksplorasi lebih dalam agar mendapatkan berbagai keuntungan dalam menggunakan sebuah media sosial. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas seputar media sosial dan manfaatnya untuk perkembangan sebuah bisnis.

Perkembangan dari social media tentunya dapat dirasakan oleh banyak pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Sepanjang tahun 2010, Kaplan dan Haenlein mengembangkan skema atau klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Proyek Kolaborasi

Merupakan social media yang berbentuk website, dimana penggunanya diizinkan untuk mengubah, menambah, atau menghapus konten di dalam situs tersebut. Contohnya adalah Wikipedia, Medium, WordPress, dan lain sebagainya.

2. Konten

Pengguna media sosial di dalamnya dapat berbagi konten seperti video, e-book, dan gambar. Contoh penerapannya adalah Tik Tok, Instagram, dan Youtube.

3. Situs Jejaring Sosial

Aplikasi yang mengizinkan penggunanya untuk dapat terhubung dengan informasi pribadi yang telah dibuat. Informasi pribadi tersebut berupa postingan foto atau video, contoh platform --nya adalah Facebook dan Instagram.

4. Blog dan Mikroblog

Aplikasi ini lebih dapat membuat pengguna bebas untuk mengekspresikan segala hal dalam sebuah blog yang berisi curahan hati (curhat) maupun sebuah kritikan. Contoh platform yang sering digunakan adalah Twitter dan Facebook.

5. Game World Virtual

Dunia permainan berbasis virtual memungkinkan setiap player untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi dalam bentuk avatar, selayaknya di dunia nyata. Contoh dari penerapannya adalah online game (daring).

6. Social World Virtual

Dunia sosial berbasis virtual juga banyak diminati dengan menggunakan perangkat VR (Virtual Reality) yang dipasangkan di areal mata manusia. Perbedaannya dengan game world virtual terletak pada tujuan pengembangannya yang lebih ditekankan pada penyesuaian dengan dunia nyata (real life). Salah satu contohnya adalah second life.

Tentunya media baru ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok di bandingkan dengan media konvensional. Perbedaan tersebut terlihat dari waktu dalam menyajikan informasi. Di media baru ini siapapun yang bisa menggunakannya. Mereka adalah penyebar informasi yang cepat. Cukup dengan alat eloktronik di tanggannya dan media digital sebagai wadahnya serta koneksi internet untuk menyabar luaskan informasi yang terbaru yang inggin di sampaikan ataupun yang ingin dapatkan.

Yang pertama, menurut saya, kita seharusnya mengatur waktu dalam beraktivitas sehari-hari. Ketika kita merasa sudah ada waktu luang kita baru mengakses internet sehingga kerjaan kita tidak terbengkalai oleh sosial media, dan kita tidak ketergantungan oleh internet dan media sosial.

Terus yang kedua. Kita tidak boleh melupakan budaya kita hanya dengan bermain media sosial dan gagdet karena itu semua kita bis mengakses apapun yang kita cari dari sejarah hingga modern, banyak anak dibawah umur 17 tahun sekarang banyak yang tidak mengetahui tentang sejarah kita, akibat media sosial. Saran saya untuk para orang tua agar membatasi anaknya dalam mengakses internet atau mengawasinya dikarekan sangat berbahaya dengan kecanduan gadget.

Kedua hal yang saya paparka sebelumya, coba deh sama-sama kita telaah lagi. Menurut saya, itu adalah fakta yang benar-benar ada dalam kehidupan kita. Dan saya tidak memaksakan hal tersebut dan hanya menyarakan bagi pengguna media telekomunikasi yang begitu bisa diakses oleh kalangan anak-anak, dewasa, dan orang tua .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun