Mohon tunggu...
Benjamin A
Benjamin A Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis

Pribadi seorang yang menyukai perjalanan survival

Selanjutnya

Tutup

Money

CSR: Program Bantuan Beras PT Bara Anugrah Sejahtera (Titan Group) untuk Masyarakat Ring 1

4 Desember 2023   15:16 Diperbarui: 4 Desember 2023   15:27 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
CSR: Program Bantuan Beras PT Bara Anugrah Sejahtera (Titan Group) untuk Masyarakat Ring 1

PT.Bara Anugrah Sejahtera, sebagai bagian integral dari TITAN GROUP, kembali menjalankan program bantuan berupa 140 karung beras yang disalurkan kepada 140 Kepala Keluarga di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. Bantuan ini tidak hanya menjadi implementasi nyata dari komitmen perusahaan untuk peduli terhadap masyarakat yang terdampak di ring 1 Perusahaan, tetapi juga sebuah langkah strategis dalam memberikan dampak positif yang lebih luas.

Penyaluran Bantuan oleh Tim Comdev/ER PT.Bara Anugrah Sejahtera

Proses penyaluran bantuan beras dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh Tim Comdev/ER PT.Bara Anugrah Sejahtera. Bantuan ini diserahkan langsung kepada warga yang memenuhi syarat, diwakili oleh Bapak Ujang Amri, seorang aparat Desa Pulau Panggung yang berperan sebagai perwakilan dari penerima manfaat. Langkah ini menunjukkan keberlanjutan dari program bantuan yang dijalankan oleh perusahaan, khususnya dalam konteks Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) tahun 2023.

Komitmen Perusahaan untuk Mensejahterakan Warga Terdampak

Program bantuan beras bukanlah sekadar kegiatan rutin yang bersifat seremonial. Sebaliknya, program ini menjadi bagian integral dari upaya perusahaan dalam mensejahterakan warga di sekitar area kerjanya. PT.Bara Anugrah Sejahtera, dengan melakukan inisiatif seperti ini, tidak hanya memenuhi kewajiban sosialnya, tetapi juga secara nyata mengurangi beban masyarakat yang merasakan dampak dari kemarau panjang yang beberapa waktu lalu menyebabkan penurunan drastis dalam hasil pertanian.

Inisiatif untuk Mengurangi Dampak Kemarau Panjang

Penting untuk dicatat bahwa bantuan beras ini tidak hanya sekadar tindakan reaktif terhadap situasi sulit yang dihadapi oleh masyarakat. Sebaliknya, PT.Bara Anugrah Sejahtera berupaya menjadi bagian dari solusi jangka panjang dengan merancang program bantuan yang dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan. Melalui upaya ini, perusahaan ingin membantu mengatasi konsekuensi dari kemarau panjang, khususnya terhadap ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah terdampak.

Desa Pulau Panggung sebagai penerima bantuan tidak hanya menerima secara fisik karung-karung beras yang menjadi kebutuhan pokok, tetapi juga merasakan sentuhan kepedulian dari PT.Bara Anugrah Sejahtera. Ungkapan rasa terima kasih yang besar disampaikan oleh pihak Desa Pulau Panggung atas kontribusi positif yang telah diberikan. Harapan besar mereka terletak pada kelangsungan kesuksesan perusahaan ini, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif yang lebih besar lagi pada kesejahteraan karyawan dan warga di sekitar perusahaan.

Dampak Positif pada Kesejahteraan Masyarakat

Program bantuan beras ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat segera dalam mengatasi situasi sulit yang dihadapi masyarakat, tetapi juga membawa dampak positif pada kesejahteraan mereka secara keseluruhan. PT.Bara Anugrah Sejahtera memahami bahwa kesejahteraan masyarakat tidak hanya terletak pada pemenuhan kebutuhan dasar, tetapi juga pada penciptaan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial.

Sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung ketahanan pangan, PT.Bara Anugrah Sejahtera terus mengembangkan langkah-langkah berkelanjutan. Ini melibatkan peningkatan kualitas pertanian lokal, pelatihan petani, dan implementasi teknologi pertanian modern. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan yang mandiri secara pangan, di mana masyarakat dapat menghasilkan cukup pangan untuk kebutuhan mereka sendiri.

Peran Penting Komunitas dalam Keberlanjutan Program

Keberhasilan program bantuan beras ini tidak hanya bergantung pada kontribusi perusahaan semata. Komunitas setempat juga memainkan peran penting dalam menjaga keberlanjutan program ini. Dukungan aktif dari masyarakat, partisipasi dalam kegiatan pelatihan, dan keterlibatan dalam pengelolaan sumber daya lokal menjadi faktor-faktor kunci dalam mencapai keberhasilan jangka panjang.

Melalui program bantuan ini, PT.Bara Anugrah Sejahtera juga secara tidak langsung ikut serta dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Kontribusi terhadap ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi bagian dari visi perusahaan untuk memberikan dampak positif yang lebih luas pada masyarakat dan lingkungan.

Kesimpulan

Program bantuan beras PT.Bara Anugrah Sejahtera untuk masyarakat di Ring 1 tidak hanya merupakan bentuk kepedulian sosial, tetapi juga sebuah komitmen nyata untuk turut serta dalam pembangunan berkelanjutan. Dengan langkah-langkah strategis ini, perusahaan tidak hanya memberikan bantuan segera untuk mengatasi situasi sulit, tetapi juga berusaha menjadi agen perubahan positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangun ketahanan pangan di wilayah terdampak. Semoga langkah-langkah ini dapat memberikan inspirasi bagi perusahaan lain untuk ikut serta dalam upaya menciptakan perubahan positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun