Mohon tunggu...
Beni Saputra
Beni Saputra Mohon Tunggu... -

Saya adalah seorang pemuda Indonesia yang memilih jalan intelektual profetik,mencoba untuk membangun peradaban dengan kekuatan yang dimiliki saat ini.Sahabat muda bisa menghubungi saya lewat s.beni@ymail.com atau 085669493042. Mari berbagi ilmu dengan saya SANG DOSEN ONLINE, PENELITI,ILMUWAN, PRAKTISI KESEHATAN HERBALIS&TERAPIS, SANG PETUALANG&KULINER

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Aktivis Itu Apa?

21 April 2012   23:29 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:18 911
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Terkadang kita bergerak dalam organisasi tidak memaknai apa itu aktivis,apa peranannya dalam pergerakan kampus,apa yang harus disuarakan untuk rakyat?,banyak sekali pertanyaan yang berkaitan dengan aktivis yang harus segera dijawab dengan jelas dan tegas.

Bagi saya aktivis adalah orang yang senantiasa bergerak dengan ide dan pemikiran yang mengusung kepada perbaikan yang nyata baik secara individu,berkelompok maupun berorganisasi sebagai wadah pergerakan yang mempunyai pedoman(manhaj) yang jelas.Menjadi aktivis bagi saya tidaklah mudah,berat sekali tantangannya.Aktivis harus siap menjalani tantangan,kritikan dan hujatan.Aktivis itu membawa suara kebenaran yang nyata.

Tekanan,hujatan dan kritikan bagi diri kita kalau dihadapi dengan ikhlas serta keyakinan hati nurani akan membangun kedewasaaan kita dalam berfikir,bertindak dan bersikap bijak.Jangan pernah menutup kebenaran,katakanlah yang sesuai menurut keyakinan hati nurani yang bersih,jujurlah dalam setiap mengambil keputusan walaupun itu pahit untuk dikatakan dan orang lain pastinya akan siap mencerca,keyakinan kita hanya untukNya.Teringat perkataan Rasulullah”Seandainya Fatimah mencuri maka aku sendiri yang akan memotong tangannya”. Janganlah pernah menutupi kesalahan,punyailah prinsip dalam membangun integritas,berlapang dada lah dalam perbedaan,akrablah dalam membangun hubungan,kritiklah diri saya karena saya bukanlah dewa,menjadi aktivis dari detik ke detik akan selalu ada ancaman,kalaupun saya mati dalam memberantas kebatilan,maka saya akan kembali kepada Allah.Begitulah gerak aktivis yang sesungguhnya.

Aktivis mempunyai suara kebenaran,menjadi aktivis haruslah berakhlak mulia,berhati bersih dan mampu menjalin hubungan dengan siapapun,aktivis harus bermental baja,karena yang dihadapi nantinya pun juga baja-baja yang sulit untuk diberantas dan ditaklukkan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun