Mohon tunggu...
Bening Damhuji
Bening Damhuji Mohon Tunggu... profesional -

Penyiar RRI Mataram

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

NOVEL; PEREMPUAN PENUNGGU DERMAGA (Bagian 5)

19 Februari 2013   09:46 Diperbarui: 24 Juni 2015   18:03 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Novel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Fotografierende

Mendengar cerita Bahari, Prasasti terperangah! Bahari hanya tersenyum menyaksikan keterkejutan di raut muka Prasasti.

“Prasasti, kau dan aku ibarat dua sisi segitiga samakaki. Kita berdiri pada nasib yang sama. Aku mencintaimu, Prasasti!” Ucap Bahari dengan tulus.

“Bagaimana jika Tuan Yo tahu tentang..,?” Kata Prasasti keluh.

“Tentang orangtuamu, maksudmu, Prasasti? Bapak dan ibu sangat terbuka dan tidak melihat seseorang itu dari latar belakang keluarganya. Selama orang itu baik, maka keluargaku akan menerimanya dengan baik pula. Buktinya? Hingga hari ini, ibu tidak pernah tahu bapak berasal dari mana atau datang dari keluarga seperti apa, tapi..”

“Bukan itu maksudku, mas Bahari! Tapi, bagaimana bila keluargamu tahu bahwa ibuku dikatakan gila oleh sebagian warga pesisir, karena selalu menunggu dermaga di setiap senja?” Tanya Prasasti dengan terbata.

“Itu bukan urusanmu, Prasasti. Aku akan menjelaskan  kepada keluargaku tentang kisah sedih yang kau dan ibumu alami. Yang penting, bersediakah kau menerima lamaranku, Prasasti?!”

“Ta, tapi, kau keturunan pelaut, mas! Aku takut seperti ibu dan senasib dengan wanita pesisir lainnya yang selalu ditinggal..”

Bahari menepikan mobilnya di pinggir jalan di bawah pohon besar yang teduh. Tangannya meraih tangan Prasasti. Lalu digenggamnya kuat-kuat. Matanya menghujam lembut ke mata gadis cantik dari pesisir Kamboja itu. Ia berkata dengan kata-kata yang sejuk.

“Tidak semua keturunan pelaut  akan menjadi pelaut, Prasasti. Aku, contohnya. Akan kau buktikan, bahwa seorang gadis pesisir yang telah menikah dengan anak pelaut, maka mereka akan tinggal di kota yang jauh dari pesisir. Mereka akan hidup bahagia. Dan, mereka itu adalah kau dan aku, Prasasti!”

Bahari terdiam sejenak. Tatapannya tetap menghujam ke mata Prasasti. Dadanya bergemuruh. Jemari Prasasti yang masih di genggamannya terasa dingin dan bergetar kecil. Angin berhembus semilir. Matahari di langit mulai redup pertanda hari sudah memasuki senja. Bahari memegang dagu Prasasti dengan lembut. Mata mereka bersitatap saling membaca isi hati.

“Dengan sepenuh jiwa, aku bertanya kepadamu, bersediakah kau menjadi isteriku, Prasasti?”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun