Mohon tunggu...
Beni Ananto
Beni Ananto Mohon Tunggu... Penulis - An INFP, sometimes an INFJ (MBTI Test)

Wabi-Sabi Melihat kesempurnaan dibalik ketidaksempurnaan

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Memindahkan Tulisan (Reposting) dari Blog Pribadi ke Kompasiana? Emang Boleh?

22 Maret 2024   23:31 Diperbarui: 22 Maret 2024   23:34 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Bolehkah memindahkan tulisan (Reposting) dari blog pribadi ke kompasiana?"

Tahun lalu blog pribadi saya di wordpress (beniananto.com) lupa diperpanjang, alhasil blog saya itu sudah tidak bisa diakses lagi. Padahal banyak sekali tulisan-tulisan saya di sana. Dan sebenarnya sudah beberapa tahun belakangan saya tidak aktif menulis di blog. Jadi saya dilanda dilemma.

"Apakah saya harus perpanjang lagi atau tidak?"

Jika tidak diperpanjang, semua tulisan saya akan hilang. Dan jika perpanjang saya juga sepertinya bakal tidak aktif dan cenderung effortless buat maintain-nya. Rugi dong...

Setelah memikirkan ulang kembali. Saya ada ide untuk memindahkan semua tulisan pribadi saya ke blog gratisan yang saya punya. Pilihan saya ada di blogspot, kompasiana.com, dan medium.com

Di tahun 2023 saya mulai menulis di medium.com (walau aktif di bulan pertamanya aja, sih hehe), entah kenapa saya tertarik dengan platform tersebut. Mungkin karena terlihat Simple, monochrome, dan terkesan mature. Jadi saya mulailah membuat akun dan mulai menulis. Saya ingin fokus dan menikmati menulis tanpa harus repot maintain dan ini pun gratis. Jadi jika saya jarang atau tidak menggunakan lagi pun saya tidak rugi, dan tulisan saya masih bisa dilihat. 

Medium dan Kompasiana juga memiliki yang berbayar, tapi untuk saat ini saya masih mau menggunakan yang gratisannya dulu. Mungkin nanti saya akan coba yang berbayar.

Rencana saya adalah dengan merapihkan semua tulisan saya yang ada di laptop yang dulu pernah saya posting di blog saya itu. PeEr-nya adalah saya harus edit dan merapihkan kembali lalu reposting di Kompasiana. Walau itu tulisan lama saya, tapi tak apalah. Yang terpenting semua tulisan saya bisa terdkumentasi dengan rapih karena banyak dari tulisan saya itu hasil dari plesiran saya dan memiliki cerita tersendiri, serta ada kesan Spark Joy yang personal.

Dan saya juga ingin berbagi cerita pengalaman dan informasi dari yang sudah saya tuliskan itu. Semoga berhasil bisa saya pindahkan ke sini. Karena banyak jadi mungkin akan makan waktu, jadi saya akan cicil satu per satu. Semangat. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun