Mohon tunggu...
Bem Fmipa Um
Bem Fmipa Um Mohon Tunggu... Lainnya - RPIF

RPIF adalah program kerja dari BEM FMIPA yang mana melaksanakan tugas sebagai media massa dalam lingkup FMIPA UM

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembuatan Identitas sebagai Bentuk Kekompakan Pengurus BEM FMIPA UM

18 Desember 2020   14:18 Diperbarui: 18 Desember 2020   14:25 110 1 0 Mohon Tunggu...

Identitas adalah salah satu media untuk memperkenalkan BEM FMIPA UM di antara organisasi serupa yang ada di kampus. Dalam sebuah organisasi pasti membutuhkan suatu identitas atau sesuatu yang bisa ditunjukkan sebagai ciri khas dari organisasi tersebut. Oleh karena itu, kami dari BEM FMIPA membuat Pakaian Dinas Harian (PDH), kaos, dan Kartu Tanda Anggota (KTA) sebagai salah satu ciri khas dari organisasi kami. Harapan kami dalam membuat identitas ini supaya lebih mudah dikenal oleh mahasiswa FMIPA, mahasiswa non MIPA maupun universitas lain.

Pembuatan identitas dengan tema "Tingkatkan Nilai Kekompakan Organisasi Melalui Keseragaman" dilakukan pada saat awal kepengurusan. Kegiatan ini diawali dengan pencarian, pendataan, dan negosiasi dengan konveksi agar bisa mendapatkan identitas yang sesuai. Agar syarat dari negosiasi dapat terpenuhi, seluruh pengurus BEM FMIPA UM 2020 harus sesegera mungkin melunasi pembayaran yang telah dibebankan. Pembayaran identitas memiliki rincian berupa Rp80.000,- untuk pembayaran uang muka, dan sebesar Rp160.000,- untuk kaos lengan pendek serta Rp165.000,- untuk kaos lengan panjang.

Tingkat keberhasilan pembuatan identitas ini dapat dikatakan 80%. Dilihat dari target awal kepengurusan harus sudah jadi tetapi tidak sesuai dengan perkiraan, untuk PDH dan Kaos telah terlaksana sebelum pertengahan kepengurusan dan untuk KTA terlaksana diakhir kepengurusan. Untuk sasaran pengurus BEM FMIPA UM yang awalnya dengan jumlah 77 pengurus namun ditengah kepengurusan menjadi 76 pengurus sedangkan PDH dan Kaos telah terlaksana dengan sasaran 77 pengurus. 

Pada awal pembuatan identitas terdapat pembayaran DP untuk anggota BEM FMIPA UM, namun beberapa anggota BEM FMIPA UM belum membayar DP sehingga lambat untuk memesan pada konveksi. Untuk pencarian konveksi yang lebih terjangkau, sulit menemukan jadwal bertemu langsung dengan beberapa pihak konveksi dan respon lambat dari konveksinya. Sedangkan, untuk desain KTA baru selesai pada akhir kepengurusan sehingga pada akhir kepengurusan baru bisa mencetakkan KTA tersebut. Pada pelunasan pembutan identitas beberapa dari anggota BEM FMIPA UM lambat membayar, jadi lambat juga untuk melunasi di konveksi.  

Penulis : Amna Utyta

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x