Mohon tunggu...
Bem Fmipa Um
Bem Fmipa Um Mohon Tunggu... RPIF

RPIF adalah program kerja dari BEM FMIPA yang mana melaksanakan tugas sebagai media massa dalam lingkup FMIPA UM

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Pernah Gagal Hingga Puluhan Kali, Akhirnya Mahasiswa Ini Berhasil Mendapatkan Beasiswa di Hungaria

7 Desember 2020   15:44 Diperbarui: 8 Desember 2020   09:54 221 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pernah Gagal Hingga Puluhan Kali, Akhirnya Mahasiswa Ini Berhasil Mendapatkan Beasiswa di Hungaria
Fauzul Rizal Mahasiswa Fisika FMIPA UM

Pada tahun ini lagi -- lagi salah satu mahasiswa dari FMIPA UM berhasil membawa nama UM ke luar negeri melalui beasiswa luar negeri yang didapatkannya, mahasiswa tersebut adalah Fauzul Rizal, salah satu mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang yang lulus S1 pada tahun 2018.

Fauzul merupakan penerima beasiswa Stipendium Hungaricum atau biasa disingkat SH yang merupakan beasiswa S1, S2, dan S3 yang dibuka oleh Pemerintah Hungaria. Fauzul sendiri mengetahui beasiswa tersebut melalui internet.

Fauzul memiliki ketertarikan lebih pada Fisika, sehingga ia mengambil Jurusan Fisika pada saat menekuni pendidikan jenjang S1. Bahkan jenjang pendidikan S2 pun di University of pécs, ia mengambil jurusan Fisika juga.

Untuk pendaftaran beasiswa SH ini biasanya dibuka pada awal tahun, dengan melalui 3 tahap seleksi. Tahap pertama yaitu seleksi berkas yang dilakukan secara online pada website resmi Stipendium Hungaricum yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret.

Kemudian pada tahap kedua ada seleksi tes tulis yang juga dilaksanakan secara online dan dilaksanakan antara bulan April sampai Mei. Selanjutnya yang terakhir yaitu tes wawancara yang dilaksanakan pada bulan Agustus atau Juli.

Dalam memperoleh beasiswa tentunya bukan hal yang mudah. "Saya sudah mencoba mendaftar beasiswa sebanyak 27 kali baik di dalam maupun luar negeri, dan ini percobaan saya ke 28, Alhamdullilah saya lolos", Ucap Fauzul ketika diwawancarai melalui google meet.

Selama 2 tahun menunggu beasiswa untuk melanjutkan S2 ini Fauzul juga bekerja sebagai pengajar di salah satu bimbel, ia pun juga pernah mengikuti magang programming di Jakarta. Walaupun bekerja, ia tidak lupa untuk tetap belajar dan mempersiapkan secara maksimal agar dapat diterima saat pendaftaran beasiswa.

Motivasi Fauzul untuk melanjutkan kuliah S2 adalah beliau bercita cita untuk menjadi dosen. Akhirnya pada tahun 2020 ini impiannya untuk melanjutkan studi S2 pun terwujud.

Dalam capaian ini bukan hanya Fauzul dan keluarga sendiri yang ikut berbahagia, Bapak Sentot selaku Wakil Dekan 3 Fakultas MIPA turut bangga atas prestasi yang dicapai Fauzul.

"Tentu saja saya ikut bergembira dan bangga dengan capaian ini. Hal ini menunjukkan bahwa lulusan FMIPA UM memiliki kualitas yang diakui secara internasional. Keberhasilan ini juga dapat menginspirasi adik-adik kelasnya. Secara umum capaian Fauzul ini juga berkontribusi meningkatkan akreditasi FMIPA umumnya dan fisika khususnya." Ujar beliau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x