Mohon tunggu...
Bem Fmipa Um
Bem Fmipa Um Mohon Tunggu... RPIF

RPIF adalah program kerja dari BEM FMIPA yang mana melaksanakan tugas sebagai media massa dalam lingkup FMIPA UM

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

PKKMB FMIPA UM Dilaksanakan Secara Daring

27 September 2020   10:09 Diperbarui: 27 September 2020   10:16 12 1 0 Mohon Tunggu...

Malang -- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA UM selaku Panitia Pelaksana PKKMB  tingkat Fakultas ini mengemas acara sedemikian berbeda daripada tahun sebelumnya. Dengan mengajak seluruh ormawa di FMIPA Universitas Negeri Malang (UM), PKKMB tahun ini dikuti oleh mahasiswa baru UM secara online. Persiapan demi persiapan dilakukan dari kepanitiaan PKKMB 2020 ini bersama pimpinan dan jajaran FMIPA. Walaupun secara online, BEM FMIPA UM tetap menyiapkan acara PKKMB 2020 dengan matang.

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) FMIPA UM 2020 merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang dinyatakan lolos melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri ataupun Program Afirmasi. Kegiatan PKKMB ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru mengenai lingkungan kampus, khususnya pada kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan. PKKMB FMIPA UM 2020 ini mengusung tema "Membentuk Saintis Muda yang Berkarakter, Produktif, dan Memiliki Kecerdasan Intelektual wujudkan FMIPA bersinergi". PRABA GANTARI merupakan sebutan bagi PKKMB FMIPA UM 2020 dengan makna "Praba" yang berarti cahaya atau sinar dan "gantari" yang berarti menyinari.

Kegiatan PKKMB yang dilakukan secara online ini merupakan suatu hal yang baru bagi BEM FMIPA UM selaku pelaksana kegiatan. Oleh sebab itu, terdapat beberapa kendala yang kami peroleh dalam pembuatan video pengenalan kampus ini. Pada tahun ini, terjadi pandemi Covid-19 yang teridentifikasi sejak bulan Desember 2019. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa tidak dapat melakukan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) FMIPA UM 2020 secara offline seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pelaksanaan PKKMB Universitas Negeri Malang dilaksanakan pada tanggal 21 -- 24 September 2020, untuk  pelaksanaan PKKMB Fakultas yakni pada tanggal 23 - 24 September 2020 yang dilaksanakan secara daring-asinkron oleh sejumlah kurang lebih 1000 mahasiswa Fakultas MIPA. Teknik pelaksanaan PKKMB yakni mahasiswa baru dapat mengakses laman http://pkkmb.um.ac.id kemudian klik materi yang akan menuju pada laman https://materi-pkkmb.um.ac.id/beranda selanjutnya mahasiswa baru dapat mengklik lihat materi yang secara otomatis akan menampilkan materi yang harus dipelajari. Mahasiswa baru dapat mengunduh video, presentasi dan sumplemen dengan cara mengklik tombol biru yang ada pada tabel. Materi disajikan dalam bentuk powerpoint dan disajikan pula penjelasan melalui video yang dapat ditonton melalui youtube, pada setiap materi yang disajikan telah disediakan evaluasi, evaluasi tersebut telah dirancang sedemikian rupa oleh Panitia PKKMB Universitas Negeri Malang, guna mengasah kemampuan mahasiswa baru.

Adapun materi pada PKKMB Fakultas MIPA ini, yaitu Pengenalan Kefakultasan FMIPA, Pengenalan Ormawa FMIPA, Pengenalan Jurusan, kemudian diakhiri dengan Video Closing Kefakultasan. Dengan adanya sedikit cuplikan video berdurasi 30 menit yang difasilitasi oleh Ormawa FMIPA Uiversitas negeri malang diharapkan Mahasiswa Baru dapat sedikit memahami bagimana rupa  dari Fakultas MIPA itu sendiri.  Salah satu anggota dari BEM FMIPA UM mengungkapkan bahwa "PKKMB memang dilaksanakan sangat berbeda tahun ini sehingga penitia pelaksana juga sedikit bingung mengenai bagaimana konsep yang harus diusung agar ilmu tetap dapat tersampaikan kepada mahasiswa baru dan bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban saja, untuk itu kami mengemas PKKMB ini sedemikian rupa semoga dapat sedikit membantu teman teman mahasiswa baru"

Penulis : TIM HUMAS PKKMB

VIDEO PILIHAN