Mohon tunggu...
Bella NurLaelatul
Bella NurLaelatul Mohon Tunggu... Mahasiswi

Artis kidul gunung

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Metode Filsafat Pendidikan

18 Maret 2020   11:39 Diperbarui: 10 April 2020   19:08 4 0 0 Mohon Tunggu...

Disini saya akan menjelaskan tentang metode-metode filsafat pendidikan, sebelumnya saya mohon maaf jika penalaran dan pemaparan tidak beraturan. Saya mohon maaf yang sebesar besarnya dan selamat membaca

Filsafat ialah ilmu yang mempelajari sesuatu secara mendalam terperinci dan sesuai dengan kaidah, metode itu sendiri. Metode filsafat itu sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu metode positivisme, metode fenomenologis dan metode kritis. Metode metode tersebut akan saya jelaskan dan akan saya paparkan sesuai pengetahuan dan penalaran dibawah ini sebagai berikut:

1.metode positivisme
Metode positivisme adalah metode di urutan yang pertama yang memiliki arti meletakkan. Metode ini berasal dari kata "positivis" dalam bahasa Inggris dan dari bahasa latin "positivus" yang memiliki arti meletakkan.positivisme adalah metode filsafat yang bersifat aktual atau nyata dan pengetahuannya berasal dari ilmu-ilmu yang nyata dan sudah dibuktikan dan memiliki sifat yang sangat rasional dan empiris. Melalui metode ini kita dapat meletakkan dan mengarahkan sesuatu ke tempatnya dan menjadikannya kearah yang lebih baik.

2. Metode fenomenologis
Diurutan kedua ialah metode fenomenologis. Metode fenomenologis berasal dari basaha Yunani yaitu "pheinomenon" yang artinya tampak dan "Logos" yang berarti kata atau ucapan. Metode fenomenologis secara umum dapat diartikan sebagai fenomena atau kejadian yang tampak dan dapat dilihat oleh kita. Metode fenomenologis juga bisa sebagai alternatif yang dapat menerapkan suatu penelitian didalam dunia pendidikan.

3. Metode kritis
Diurutan paling terakhir yaitu metode kritis. Metode kritis ini lebih mengarah kepada pemikiran yang lebih kritis dalam menyampaikan sesuatu. Tujuan dari metode kritis ialah dapat menguak sebuah fakta yang lebih real. Cara penyampaian metode kritis tersebut dengan menjabarkan hal yang khusus atau yang umum begitu sebaliknya.

Sekian pemaparan dan penalaran yang saya tulis diatas semoga bermanfaat pagi semua. Terutama bagi pembaca dan penulis
Wassalamu'alaikum wr.wb

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x