Mohon tunggu...
belinda
belinda Mohon Tunggu... murid

hai

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sistem Pemerintahan Kanada

15 Oktober 2019   00:57 Diperbarui: 15 Oktober 2019   00:56 0 0 2 Mohon Tunggu...
Sistem Pemerintahan Kanada
dokpri

Sistem pemerintahan dalam tiap negara dapat berbeda - beda sesuai dengan kondisi negara masing - masing. Dan dalam kesempatan ini, penulis ingin menyampaikan mengenai sistem pemerintahan di Kanada dan juga membandingkan sistem pemerintahan yang berlaku di Kanada dengan yang di Indonesia

Perbandingan Sistem Pemerintahan Indonesia - Kanada

1. Kepala Negara

Karena Indonesia menganut sistem Presidensil, maka kepala negara dari Indonesia adalah Presiden. Namun, berbeda dalam hal negara yang menganut sistem monarki konstitusional seperti Kanada, dimana kepala negara Kanada memiliki gelar Ratu.


2. Kepala Pemerintahan

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah sebuah negara yang berbentuk kesatuan dan memiliki bentuk pemerintahan republik dengan sistem pemerintahan presidensial yang dipimpin oleh seorang Presiden. Sedangkan Kanada adalah sebuah negara yang berbentuk federal dan memiliki bentuk pemerintahan monarki konstitusional dengan sistem pemerintahan parlementer yang dipimpin oleh seorang Perdana Menteri.


3. Badan Eksekutif

Badan eksekutif yang dimaksud dalam Indonesia adalah Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri, walaupun memang tidak murni karena Presiden tetap bertanggung jawab terhadap MPR. Sedangkan dalam Kanada, badan eksekutif yang dimaksud merupakan Perdana Menteri dan kabinetnya.


4. Badan Legislatif

Badan legislatif di Indonesia terdiri dari Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sedangkan di Kanada terdiri atas House of Commons dan Senat, walaupun demikian, pengaruh dari House of Commons lebih besar dibandingkan Senat.


5. Badan Yudikatif

Badan Yudikatif di Indonesia meliputi Mahkama Agung (MA), Mahkama Konstitusi (MK), dan Komisi Yudisial (KY). Sedangkan badan yudikatif di Kanada memiliki tingkatan dan yurisdiksi yang berbeda - beda, yaitu:

1) Ditingkat provinsi:

  • Pengadilan Provinsi dan Teritorial
  • Pengadilan Unggul
  • Pengadilan Banding

2) Ditingkat Federal

  • Pengadilan Federal
  • Pengadilan Banding Federal
  • Pengadilan Khusus
  • Mahkamah Agung

6. Partai 

Indonesia memang memiliki banyak partai, namun terdapat 3 partai utama diantaranya adalah Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Demokrat. Sedangkan 3 partai utama di Kanada adalah Partai Demokrat Baru, Partai Liberal Kanada, dan Partai Konservatif Kanada.


7. Ideologi

Ideologi yang dianut oleh Indonesia tentunya tak lain dari Pancasila. Kanada sebenarnya memiliki ideologi Liberal, namun sekarang telah mendorong multikulturalisme sebagai ideologi mereka.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sistem pemerintahan di Kanada, dapat dilihat dalam poster berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x