Mohon tunggu...
Bernadeta Berlian P
Bernadeta Berlian P Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UAJY 2018

just let me gracefully pass this semester

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Jangan Mengaku Pecinta Jepang Kalau Belum Tahu Perkembangan Media Online-nya, Yuk Simak Ulasannya!

22 September 2020   11:35 Diperbarui: 22 September 2020   11:55 539
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bicara soal Jepang apasih yang terlintas dibenak teman-teman? Negeri bunga sakura? Anime? Tokyo? Yup, teman-teman pasti udah familier banget dengan Jepang dan segala yang ada di dalamnya mulai dari kimono, sushi, teknologi terbarukan, dan lain-lain. Tapi, teman-teman sudah tahu belum sih bagaimana perkembangan media online di negara Jepang? Kalau belum tahu yuk simak ulasan berikut supaya semakin menambah wawasan teman-teman tentang negara jepang!

Ujar pepatah tak kenal maka tak sayang, sebelum masuk ke perkembangan media online di Jepang kita kenalan dulu yuk sama apa itu media online. Media online adalah media yang mencakup foto, video, dan musik yang terhubung melalui jejaring komputer dan internet, meliputi semua jenis situs website, aplikasi, situs portal berita, website lembaga/isntansi, e-commerce, online store, media sosial, blog, forum, dan lain-lain (Putri, dkk, 2020). 

Bicara mengenai jaringan dan komputer maka tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya internet yang menjadi alasan dan sumber utama adanya media online, berkat kehadiran internet yang membuat informasi dapat diakses di mana saja dan kapan saja banyak perubahan-perubahan yang terjadi di dunia dalam bidang apapun, tidak terkecuali juga dalam bidang media yang membuat siapa saja dapat mengakses informasi apapun atau membagikan informasi apapun dan kapanpun.

Nah, Jepang merupakan negara yang tidak luput dalam merasakan kebermanfaatan dari hadirnya internet. Pada awalnya, media utama yang familier di masyarakat Jepang adalah media cetak sebagai media utama, salah satu medi cetak yang terkenal dan terbesar di Jepang adalah surat kabar Yomiuri Shimbun, surat kabar yang didirikan pada tahun 1874 yang mencetak 10 hingga 11 juta eksemplar koran setiap harinya (Prambadi, 2016). 

Lalu, kehadiran internet yang mulai memasuki Jepang tentu saja tidak luput membawa pengaruh bagi perkembangan media di Jepang pada saat itu. Negara Jepang dengan tingkat minat baca masyarakat yang tinggi tentu saja membuat industri media di Jepang mengembangkan media mereka ke internet sehingga surat kabar mereka bisa diakses di mana saja dan kapan saja, selain itu surat kabar yang dimuat secara online tetap dapat dicantumkan iklan di dalamnya, dan tetap dapat menawarkan layanan berlangganan seperti koran konvensional.

Antusiasme masyarakat Jepang terhadap kehadiran internet semakin terlihat pada tahun 2008 di mana masyarakat di Jepang beromba-lomba membangun situs online bersama-sama dengan berbagai fitur yang menarik seperti salah satunya diluncurkannya situs online "Aratanisu" yang diluncurkan dengan fitur di mana pembaca dapat membaca berita beberapa koran yang berbeda dalam satu layar monitor (Bambang, 2008). Sedangkan hingga saat ini terdapat beberapa situs berita online terbaik di Jepang di antaranya:

Yang merupakan salah satu situs berita online Jepang yang memuat berita-berita harian seputar Jepang yang dibagi dalam berbagai topik berita.

tangkapan layar pribadi
tangkapan layar pribadi

Yang merupakan situs berita online yang memuat berita paling mendalam mengenai Jepang, salin itu daya tarik situs berita online ini adalah situs ini juga menyajikan berita menggunakan bahasa Inggris.

tangkapan layar pribadi
tangkapan layar pribadi

Situs berita online ini menyajikan berita-berita yang variatif meliputi hiburan, olahraga, bisnis, dan berita-berita nasional.

tangkapan layar pribadi
tangkapan layar pribadi

Situs berita online cukup berbeda dengan situs berita online lainnya, karena situs ini hanya memuat cuplikan-cuplikan berita.

tangkapan layar pribadi
tangkapan layar pribadi

Situs berita online  merupakan situs yang membuat informasi mengenai cuaca , iklim, dan informasi gempa yang bisa diandalkan.

tangkapan layar pribadi
tangkapan layar pribadi

Situs berita online ini memuat informasi olahraga, teknologi, dan berita nasional, selain itu situs berita online ini menyajikan informasi mengenai lowongan pekerjaan.

tangkapan layar pribadi
tangkapan layar pribadi

Kyodo News merupakan situs berita online yang terkemuka di Jepang yang memuat informasi yang variatif dan juga infomrasi mengenai dunia.

tangkapan layar pribadi
tangkapan layar pribadi

Japan real Time merupakan situs berita online yang menyajikan informasi bergaya blog dengan tampilan yang menarik.

tangkapan layar pribadi
tangkapan layar pribadi

News On Japan merupakan situs berita online  yang memuat artikel yan dibuat sendiri oleh News On Japan dengan mengumpulkan berita dari berbagai sumber.

tangkapan layar pribadi
tangkapan layar pribadi

NHK World merupakan situs berita online yang memuat artikel dengan bahasa Inggris dan Jepan yang juga memiliki stasiun televisi, dan radio di berbagai negara (tensai-indonesia.com, 2020).

tangkapan layar pribadi
tangkapan layar pribadi
media sosial yang paling populer di Jepang

Menurut hasil survei Fast-Ask yang dilakukan terhadap terhadap 680 perempuan dan laki-laki di Jepang dengan rentang usia 10-50 tahun diketahui bahwa 71,8% suara mengatakan bahwa mereka lebih menyukai media sosial Line untuk digunakan sehari-hari hal ini dikarenakan sebagai aplikasi chatting Line dinilai lebih baik dibandingan aplikasi lainnya (Saputra, 2014).

Nah, itu tadi ulasan mengenai bagaimana perkembangan media online di Jepang hingga saat ini, yang dulunya koran hanya disajikan dalam bentuk kertas saat ini sudah semakin berkembang hingga ada dalam bentuk online. Media-media sosial  juga hadir untuk memepermudah komunikasi masyarakat di Jepang, semua hal ini tidak terlepas dari hadirnya internet yang menjadi pendukung utama lahirnya berbagai perkembangan ini. Semoga artikel ini  menambah wawasan teman-teman ya!

Daftar Pustaka

Putri, dkk. 2020. Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat. Malang: Intelegensia Media

Prambadi, G. 2016. Masyarakat Jepang Masih Demen Baca Koran. Diakses pada 21 September 2020, dari sini

Bambang. 2008. Media Jepang Ramai-Ramai Bangun Situs Online Bersama. Diakses pada 21 September 2020, dari sini

Tensai-inonesia.com. 2020. 10 Website Berita Jepang Terbaik. Diakses pada 21 September 2020, dari sini

Saputra. 2014. Jejaring Sosial Line Paling Disuka Masyarakat Jepang. Diakses pada 21 September 2020 dari sini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun