Mohon tunggu...
Bayu Susena
Bayu Susena Mohon Tunggu... Administrasi - Swasta

karyawan swasta

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Kerinduan Naik Kereta Api

5 Januari 2022   11:41 Diperbarui: 5 Januari 2022   11:47 214 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumen Pribadi: Stasiun Bandara YIA

Libur sekolah telah usai. Anak-anak sekolah mulai sekolah tatap muka langsung di sekolah (luring), walaupun masih masa pandemi covid19. Kerinduan sekolah tatap muka langsung di sekolah (luring) pasti sudah mencapai puncaknya bagi anak-anak sekolah. Bertemu dengan teman-teman sekolah menjadi hal yang sangat membahagiakan.

Sejak Maret 2020 putra kami tidak bisa sekolah kelompok bermain (KB). Kebijakan dari pemerintah pusat untuk melarang sekolah dibuka. Apalagi KB rata-rata siswanya masih dibawah usia 5 tahun dan termasuk usia rentan terpapar covid19.

Belajar dan bermain mau tidak mau harus dilakukan dengan daring. Ustadz dan ustadzah membuat timeline tiap pekan. Tiap hari berbeda-beda materi yang disampaikan. Materi dan kompetensi harus semua terpenuhi. Metode-metode dilakukan agar anak-anak KB tertarik belajar dan bermain di depan laptop atau smartphone.

Semua hal diatas telah usai. Sekolah tatap muka langsung di sekolah (luring) sudah diterapkan. Sekolah sudah dibuka kembali. Anak-anak sekolah di Yogyakarta atau Indonesia sangat merindukan sekolah. Tidak hanya putra kami yang rindu sekolah dibuka kembali. Sekolah daring membuat bosan karena tidak dapat bermain langsung dengan teman-teman. Apalagi usia anak-anak KB pasti sangat senang jika sekolah dilakukan secara luring.

Membahas soal kerinduan, ada kerinduan yang lain bagi kami sekeluarga. Naik kereta api yang dirindukan. Biasanya ketika liburan sekolah, kami sekeluarga naik kereta. Penah ke Malang Jawa Timur dan seringnya naik kereta ke Solo Jawa Tengah. Hampir tiap akhir pekan kami sempatkan naik kereta api ke Solo Jawa Tengah. Naik dari Stasiun Tugu ke Stasiun Balapan Solo hanya untuk sarapan soto ataupun memberli sate kambing/tengkleng kambing dan kembali lagi ke Stasiun Tugu Jogja.

Ketika pandemi Covid19 semua terhenti aktivitas naik kereta api. Apalagi anak usia dibawah 5 tahun tidak diperkenankan naik transportasi umum. Secercah harapan naik kereta api terbuka kembali dengan menurunnya angka penyitas covid19. Anak-anak diperbolehkan naik kereta api. Libur sekolah minggu lalu kami naik kereta api Bandara YIA.

Obat kerinduan berefek besar bagi putra kami. Senyum manis berkembang ketika kami memberitahukan bahwa Ahad pagi 2 Januari 2022 kami sekeluarga bisa naik kereta api Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Walaupun kereta api ini hanya kereta lokal dan jarak pendek, tetap membuat bahagia anak-anak.

Dokumen pribadi: Suasana ruang tunggu di Stasiun Tugu Jogja
Dokumen pribadi: Suasana ruang tunggu di Stasiun Tugu Jogja
Dimulai dengan bangun pagi dan sholat subuh berjamaah di Masjid Al-Umar Parakan Wetan. Bada sholat subuh mencari jajan pasar di pasar Balangan. Kemudian pulang ke rumah untuk persiapan naik kereta api.

Persiapan selesai maka kami segera berangkat menuju Stasiun Tugu Jogja, dengan terlebih dahulu mampir di Soto Sholeh Barokah. Kami memang sengaja mampir disini untuk sarapan agar putra kami sudah kenyang dan tidak rewel ketika perjalanan didalam kereta api.

Sampailah di Stasiun Tugu Jogja, wow banget penuh sesak disini. Kami mencari parkir mobil sampai berputar-putar dua kali di area parkir. Alhamdulillah mendapatkan tempat parkir walau harus parkir paralel mobil. Tantangan selanjutnya hanya untuk naik kereta api adalah padatnya antrian tiket kereta api. Memang 2 Januari 2022 merupakan hari terakhir libur sekolah.

Alhamdulillah kami memutuskan memberi tiket kereta api pakai aplikasi KAI Access. Ternyata di KAI Access tiket kereta api Bandara YIA ada. Sangat mudah tinggal klik dan transfer selesai. E-tiket sudah ada di smartphone. Tinggal masuk di ruang tunggu dengan terlebih dahulu scan barcode di petugas jaga.

Dokumen Pribadi: Pemesanan Tiket Kereta Api
Dokumen Pribadi: Pemesanan Tiket Kereta Api

Kereta api Bandara YIA sudah datang, siap langsung naik. Ternyata didalam kereta tidak hanya penumpang pesawat yang akan ke Bandara YIA. Banyak anak-anak kecil yang mengobati rindu naik kereta api ini. Jarak dekat dan harga tiket yang relative terjangkau serta kereta api yang bersih karena masih baru. Semoga tetap terjaga kebersihan kereta api Bandara YIA ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan