Mohon tunggu...
Bayu Sukmajati Vendratama
Bayu Sukmajati Vendratama Mohon Tunggu... Guru - Guru Musik SMA Negeri 1 Patikraja

Composer - Songwriter - Teacher

Selanjutnya

Tutup

Seni

Pentas Seni Budaya SMA Negeri 1 Patikraja Tahun Pelajaran 2021/2022

6 Desember 2022   10:00 Diperbarui: 6 Desember 2022   11:21 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamu'alaikum wr.wb.

Salam sejahtera untuk kita semuanya, salam budaya..

Pentas seni budaya merupakan salah satu kegiatan implementasi dari mata pelajaran Seni Budaya. Di kesempatan kali ini saya selaku salah satu guru Seni Budaya di SMA Negeri 1 Patikraja kabupaten Banyumas ingin memaparkan salah satu kegiatan rutin yang sudah dilaksanakan setiap tahun di sekolah kami yaitu kegiatan Pentas Seni Budaya siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Patikraja. Kegiatan pentas seni ini diikuti oleh siswa di  kelas X MIPA dan kelas XI MIPA dan XI IPS dengan mata pelajaran Seni Musik.

Kegiatan pentas seni budaya di tahun ini merupakan edisi yang ke 8, yaitu sejak pertama kali di tahun 2012 dilaksanakan di sekolah ini. Ketika masa pandemi Covid-19 yang lalu kegiatan ini ditiadakan selama 2 tahun yaitu tahun 2020 dan 2021 karena sekolah di masa tersebut tidak diperbolehkan pembelajaran tatap muka. Setelah pandemi covid-19 berlalu, alhamdulillah di tahun 2022 sekolah sudah membuka kegiatan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan pentas seni ini menjadi ajang kreativitas siswa-siswi SMA Negeri 1 Patikraja khususnya kelas X MIPA dan XI MIPA juga XI IPS yang mengikuti pembelajaran seni musik dengan saya sebagai guru pengampunya. Kegiatan ini diselenggarakan dengan persetujuan serta perizinan dari Kepala Sekolah beserta jajarannya. Dengan meminimalisir anggaran dana yang terbatas, kegiatan pentas seni ini tetap berjalan dengan kerja keras serta kerja ikhlas dari para siswa yang mengikutinya.

Pentas seni budaya ini sebagai salah satu kewajiban siswa dalam mencapai target pembelajarannya yaitu mendapatkan nilai praktik khususnya mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik). Sesuai dengan silabus Seni Budaya bahwa pentas seni ini merupakan salah satu materi yang ada di kompetensi dasar mata pelajaran seni budaya di kelas X dan XI yaitu KD menampilkan pertunjukan seni musik tradisional untuk kelas X dan menampilkan pertunjukan musik barat untuk kelas XI.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Jumlah peserta kegiatan pentas seni ini yaitu sekitar 10 grup musik dari kelas X dan 24 grup musik dari kelas XI. Kelas X mengusung tema musik tradisional dengan menampilkan konsep pergelaran teater musikal, sedangkan kelas XI mengusung tema musik barat dengan konsep pentas bermain alat musik barat. Kegiatan pentas seni ini dikelola dan dikoordinir oleh panitia pelaksana siswa yaitu dari komunitas musik SMA Negeri 1 Patikraja (komustik) yang bekerja sama dengan Rumah Kaca Production (RKP) dan OSIS SMA Negeri 1 Patikraja. Pentas seni ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Rabu 18 Mei dan Kamis 19 Mei 2022 di gedung Aula Krida Wiyata SMA Negeri 1 Patikraja dengan pembagian hari pertama untuk kelas X, hari kedua untuk kelas XI.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa mendapatkan pengalaman serta pengetahuan yang lebih tentang seni budaya, dan para siswa bisa mendapatkan apresiasi yang setinggi-tingginya dari warga sekolah, sehingga bisa bermanfaat untuk kemajuan sekolah sesuai visi SMA Negeri 1 Patikraja yaitu "Aksi Dayaku" Berakhlak mulia, Berprestasi, Berbudaya, dan Berwawasan Lingkungan.

Demikian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi para pembaca. Terimakasih.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Salam sejahtera untuk kita semua, salam budaya..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun