Mohon tunggu...
Bayu Angkasa
Bayu Angkasa Mohon Tunggu... Tentang Saya

Penikmat buku dan senja. Entrepreneur wannabe. Skeptis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Review Buku Scale Up 1.0: Buku Sakti untuk Pebisnis Serius

26 Agustus 2019   11:36 Diperbarui: 26 Agustus 2019   12:16 0 0 1 Mohon Tunggu...

Membaca buku Scale Up 1.0 dari Santara Publishing membuat saya langsung ingin memulai bisnis. Bagaimana tidak, sang penulis buku berhasil menceritakan perjalanan bisnisnya sebagai suatu petualangan yang menyenangkan. Ia menceritakan bahwa bisnis adalah sesuatu yang menyenangkan, menantang, sekaligus menggairahkan.

Tentu tidak hanya sekadar cerita. Saya berhasil teryakinkan untuk memulai bisnis karena di buku ini terdapat langkah-langkah yang sangat lengkap. Mulai dari mindset awal. Cara memilih produk. Riset produk, membangun tim, hingga melakukan penjualan.

Teknik-teknik dalam setiap langkah juga sangat mudah untuk diikuti. Seperti dalam sales pitch-nya, semua dijalankan dengan teknik pemberian solusi A-B-C-D. Kalau salah, tinggal analisa ulang. Lihat di mana salahnya lalu contek formulanya.

Bagi saya yang memiliki latar belakang sebagai penulis, titik terkuat dari buku Scale Up ini terletak di materinya. Bagaimana tidak, buku ini tebalnya 400 halaman. Masih ada pula bonus-bonus yang tebalnya mendekati 100 halaman. Ada materi contekan marketing.

 Ada games ular tangga untuk mengasah mindset bisnis yang positif. Ada pula buku saku yang isinya sebagai panduan standar kompetensi kita sebagai seorang pebisnis. Ditambah lagi, penyajian bukunya sangat ringan. Bahasa yang dipilih sangat mudah dicerna dan tidak melelahkan. Asyik dan mengalir.

Saya cukup beruntung mendapatkan buku ini di harga pre-order. Bisa dapat diskon setengah harga lebih, walaupun masih cukup mahal. Memang, materi di dalamnya sangat berkualitas. Tapi harga jual di atas 600 ribu mungkin agak ketinggian untuk sebagian pelaku UKM. 

Mungkin publisher bisa menjual dalam format yang lebih terjangkau, tentu agar buku ini bisa lebih mudah didapatkan oleh semua kalangan. Terutama orang-orang yang baru mau mulai bisnis seperti saya, tapi masih ragu mengeluarkan dana besar.

Salut untuk penulis dan penerbit yang berani buka-bukaan dalam berbagi ilmu tentang bisnis. Materi seperti ini biasanya jadi rahasia besar perusahaan. 

Atau masuk dalam buku panduan Standard Operational Procedure yang cuma diakses kalangan internal. Buat Anda yang sudah punya bisnis, saya kira akan mendapat banyak insight luar biasa dari buku Scale Up 1.0 ini. Tidak cuma insight, tapi juga berbagai senjata ampuh yang bisa langsung melejitkan omzet bisnis Anda!