Mohon tunggu...
Bayu Agung Setianto
Bayu Agung Setianto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis yang suka-suka.

Penulis yang Suka-suka, Tentang Apa Aja, dan Silahkan Dibaca. Hehe. Kuliah Jurusan Jurnalistik di Universitas Islam Negeri Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia?

21 Juni 2018   14:04 Diperbarui: 21 Juni 2018   14:29 575
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(sumber: indosport.com)

Banyak media yang ngeberitain "Asia Tenggara tuan rumah piala dunia.... Indonesia jadi penyelenggara piala duni 2022.. 2026..". Menurut saya Indonesia jangan terburu-buru pengen jadi tuan rumah, karena setelah saya baca ternyata cukup banyak syarat untuk suatu negara bisa jadi tuan rumah piala dunia.

Salah satunya adalah fasilitas stadion. Memang di Indonesia stadion udah banyak yang sering dipake pertandiangan tapi menurut saya masih kurang untuk standar pemakaian sekelas piala dunia. Kalo terjadi hujan yang gede lapangan di indonesia banyak yang banjir. Bahkan beberapa pertandingan di Indonesia ada yang di stop dulu demi nunggu air yang menggenang di lapangan.

Lapangan Banjir (sumber: merdeka.com)
Lapangan Banjir (sumber: merdeka.com)
Masalah lain yang menjadi penilaian untuk FIFA adalah akomodasi dan mobilitas. Di Indonesia saking udah tau macetnya, kita harus pergi minimal sejam sebelum kita punya janji. Karena kita tau gimana keadaan jalanan yang pasti macet. Kan gaenak banget kalo misalkan negara Argentina mau tanding supir team-nya bilang.

           "maaf bapak bapak.. ini jalan ke stadion macet, kalo kita lewat jalan tikus aja gpp yaa"

           "atau biar lebih cepet lagi saya orderin gojek satu satu aja gimana?"

Menurut saya kalo misalkan piala dunia dilaksanakan di Indonesia minimal berangkat dari hotel ke stadion ga terlalu lama. Pasti macet sih, tapi kalo mau jadi tuan rumah macetnya jangan macet banget.

Jujur saya pengen untuk ngerasain gimana rasaya jadi tuan rumah piala dunia yang Cuma diadain 4 tahun sekali. Saya kadang takut kalo pas diadain sayanya udah meninggal. Hehehe. Saya pengen liat bule bule seliweran lewat gang depan rumah saya sambil bilang "PUNTEN.."

Tapi kapanpun terlaksananya piala dunia di negara kita semoga pemerintah membenahi dulu sistem sepakbola kita, ngebenahin dulu akomodasi dan kondisi stadion yang ada di Indonesia.

Hehehe.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun