Mohon tunggu...
Bartolomeus Darato
Bartolomeus Darato Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seseorang yang memiliki ketertarikan dengan banyak hal terutama sejarah dan kehidupan kota

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Wisata Berwawasan: Jalan-Jalan ke Kota Tua Sembari Menambah Edukasi di Museum Bank Indonesia

14 Desember 2023   04:57 Diperbarui: 14 Desember 2023   05:44 319
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kota Tua, Jakarta – Jakarta hanyalah pusat niaga dan pemerintahan negara, tidak banyak tempat wisata yang menarik di sana. Apakah kenyataannya seperti itu? Berbicara soal Jakarta memang tidak lepas dari ekonomi pesat dan pemerintahan negara yang berjalan dengan sibuk. Namun, tidak benar jika tempat-tempat wisata di Jakarta tidak memiliki daya tarik. Faktanya, jika kita mencari tahu lebih jauh lagi, ada banyak tempat yang menarik sekaligus memukau.

Lapangan Fatahilah (Dokumen Pribadi)
Lapangan Fatahilah (Dokumen Pribadi)

Kota Tua adalah salah satu kawasan wisata yang terbilang menarik tersebut. Berbagai banguan tua jaman kolonial Belanda masih berdiri kokoh disana lengkap dengan trotoar yang lebar layaknya berada di Eropa. Tidak hanya itu, mulai dari berbagai kuliner yang khas, suvenir unik dan kece, dan wisata berkeliling dengan sepeda pun juga dapat dilakukan di sana. 

Tak kalah menarik, banyak “manusia patung” dengan olesan cat minyak di sekujur badannya bergaya seperti tentara atau hantu kemudian berpose dengan unik di pinggir trotoar. 

Tidak mau ketinggalan juga, beberapa musisi jalanan ikut meramaikan sudut-sudut kota tua dengan alunan lagu yang mereka bawakan. Sungguh kawasan wisata ini benar-benar “hidup”.

Museum Bank Indonesia (Dokumen Pribadi)
Museum Bank Indonesia (Dokumen Pribadi)

Berbicara tentang kawasan Kota Tua, tidak lengkap rasanya apabila kita tidak membahas salah satu museum yang ada di sana. Salah satu museum tersebut adalah Museum Bank Indonesia. Hari Selasa yang lalu (5/12/2023), saya berkesempatan untuk mengunjungi Kota Tua. 

Saya mengelilingi Kota Tua dan Museum inilah yang saya kunjungi salah satunya. Pukul dua siang tepatnya saya sampai di depan museum ini. Melihat arsitektur bagian luarnya sudah membuat saya cukup terkesima, saya pun mulai memasuki area museum ini sambil membayangkan interior di dalamnya.

Pengawasan di museum ini terbilang cukup ketat, sebab sesampainya saya di lobi museum tersebut, barang terlebih dahulu diperiksa melalui mesin pengecekan dan diawasi oleh dua orang pengawas. Selain itu sebelum memasuki area diorama dan pameran, barang bawaan pun harus dititipkan kepada staf museum. 

Saya pun jadi cukup salut dengan sistem keamanannya.  Hal yang membuat saya salut selain sistem keamanannya adalah biaya masuk yang gratis bagi para pelajar atau mahasiswa seperti saya. Hanya tinggal menunjukan kartu tanda mahasiswa, saya dapat menjelajahi museum ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun