Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Wajib Tahu! Omzet Penjualan Meningkat Drastis dengan CRM

28 Juni 2022   14:44 Diperbarui: 5 Juli 2022   12:40 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
CRM tingkatkan penjualan (sumber: sfconsulting.com.my)

CRM Untuk Tingkatkan Penjualan Anda!

Sebagian besar pemilik bisnis di dunia menggunakan CRM (Customer Relationship Management) untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis mereka. Dari menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya hingga meningkatkan penjualan dan profit, CRM mewujudkannya. Mari lihat cara memanfaatkan CRM dengan mudah pada artikel ini.

Cara Memanfaatkan CRM Untuk Tingkatkan Penjualan

1. Untuk Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Cara memanfaatkan CRM yang pertama adalah untuk menjangkau pelanggan Anda. Doronglah staf layanan pelanggan Anda untuk menambahkan detail komunikasi ke CRM setiap kali pelanggan baru menghubungi mereka. Data ini mewakili prospek potensial, yaitu orang yang telah menunjukkan minat pada bisnis Anda dan produknya.

2. Tetapkan Prospek ke Setiap Staf Penjualan

Penggunaan CRM memungkinkan bisnis untuk menetapkan prospek potensial ke staf penjualan yang berbeda. Untungnya, Anda dapat memanfaatkan CRM untuk melacak tindak lanjut.

CRM dapat memungkinkan pengguna untuk memasukkan banyak informasi. Mereka juga dapat melacak dan mengelola prospek saat pelanggan bergerak melalui riwayat pembelian.

3. Untuk Meningkatkan Hubungan Layanan Pelanggan Dengan Penjualan

Dalam bisnis, kerja sama antar divisi atau departemen yang berbeda sangat penting. CRM berhubungan dengan pelanggan. Departemen layanan pelanggan (customer service) menggunakan CRM setiap hari. Departemen ini adalah kontak pertama bagi pelanggan, tetapi Anda juga dapat mendorong tim sales untuk menggunakan sumber daya ini. Ini mempromosikan hubungan yang lebih dekat antara layanan pelanggan dan penjualan.

4. Untuk Mencegah dan Mengurangi Adanya Drop Off

Ada banyak alasan mengapa orang tidak jadi melakukan pembelian secara online. Terkadang, ada terlalu banyak langkah dalam membeli produk. Faktor lain adalah proses check out yang terlalu lama dan pelanggan menyerah. Mengumpulkan informasi ini memudahkan untuk mengatasi masalah ini.

Dengan CRM memungkinkan penyelidikan dan penghapusan penyebab pengabaian pelanggan tersebut.

5. Untuk Mempermudah Dalam Membuat Laporan

Laporan penjualan merupakan bagian penting dari penjualan secara keseluruhan. CRM yang baik dengan semua fitur yang diperlukan akan membuat laporan spesifik tentang komunikasi pelanggan, kinerja penjualan individu, dan bahkan tingkat konversi.

Selain menghemat waktu, laporan yang CRM hasilkan adalah sederhana dan bebas dari kesalahan manusia.

6. Untuk Mengeksekusi Prospek Dengan Cepat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun