Gelar S. Ramdhani
Gelar S. Ramdhani Mohon Tunggu... Penulis -

Kunjungi website pribadi saya www.gelarsramdhani.com

Otomotif

Info Jalur Tasik Majalengka via Panjalu

22 Juli 2017   01:30 Diperbarui: 8 September 2018   10:37 9454
Belok kanan di Indihiang (sumber gambar: google)

Kalau anda dari Tasikmalaya akan pergi ke Majalengka (Nantinya bisa ke Tol Cipali), biasanya kalau naik angkutan umum harus lewat dulu Kota Ciamis. Tapi kalau anda menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil, anda tidak perlu lewat Ciamis, tapi anda bisa menghemat waktu sampai 2 jam, dengan melewati Panjalu. Berikut RUTEnya:

TASIKMALAYA-CIHAURBEUTI-PANUMBANGAN-PANJALU-SUKAMANTRI-JAHIM-CIKIJING-MAJALENGKA (Bisa lanjut ke Tol Cipali/Jakarta)

Inilah penjelasan lengkap jalur Tasik Majalengka lewat Panjalu:

• Supaya mudah, sebaiknya dari Tasikmalaya anda lewat Sindangkasih, dari pertigaan Sindangkasih belok kiri arah Cihaurbeuti atau arah ke Bandung
  • Atau anda bisa juga lewat Indihiang, dari Indihiang anda belok kanan dari pertigaa pasar Indihiang

• Kalau anda bingung, di Indihiang tanyakan saja "kalau mau ke Cihaurbeuti beloknya dimana?" pokoknya nanti anda melintasi rel kereta api
  • diujung jalan tersebut nanti anda akan ketemu dengan jalur utama Jawa Tengah-Ciamis-Bandung (termasuk akan ketemu dengan yang dari arah Sindangkasih), dari sana anda belok kiri, ambil arah ke Bandung
  • Terus jalan ikuti jalan arah ke Bandung tersebut kurang lebih 3-5 Km, sampai nanti anda akan tiba di perempatan lampu merah SPBU Cihaurbeuti (lihat gambar di bawah)

Inilah perempatan lampu merah SPBU Cihaurbeuti (sumber gambar: google)
  • Anda datang dari arah Jawa Tengah/Ciamis, di perempatan lampu merah ini kalau anda lurus ke Bandung, jangan lurus tapi anda belok kanan ambil arah ke Panumbangan atau ke Panjalu
  • Terus ikuti jalan tersebut, anda nanti akan sampai di Panumbangan, kemudian Panjalu
  • Sepanjang jalan dari Cihaurbeuti sampai Panjalu akan banyak persimpangan tapi ada banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkan anda ke Panjalu. Kalau bingung tanya saja "kemana arah ke Panjalu?"
  • Dari Cihaurbeuti sampai Panjalu bisa ditempuh 30-40 Menit kalau jalanan lancar, tapi Insya Allah lancar
  • Sampai di Panjalu, dipertigaan pertama (lihat gambar dibawah) anda ambil kiri arah Cikijing/Majalengka kalau ke kanan ke Situ Panjalu atau ke Kawali, ingat anda ambil kiri ya...... ke Cikijing/Majalengka

Disini anda belok kiri ambil arah Cikijing/Majalengka (sumber gambar: google)
  • Setelah anda belok kiri berarti anda telah di jalur Panjalu - Cikijing
  • Anda akan ketemu kecamatan Sukamantri, dan anda akan masuk kawasan pegunungan, dengan pemandangan yang indah dan sejuk. kawasan tersebut dikenal dengan sebutan pegunungan Jahim, yang mana pegunungan itu adalah perbatasan antara Kabupaten Majalengka dengan Kabupaten Ciamis.

Panorama jalan Tasik Majalengka via Panjalu (sumber gambar: google)
  • Terus ikuti jalan tersebut, hati-hati banyak tanjakan turunan tikungan dan jalanan agak kecil
  • Kalau anda bingung tanya saja sama masyarakat sekitar "kemana arah ke CIkijing atau ke Majalengka?"
  • diujung jalan kecil itu anda akan ketemu jalan besar (yaitu jalan utama Tasik Cirebon), ketemu pertigaan jalan besar anda belok kiri arah ke Cikijing atau ke Majalengka, kalau ke kanan anda kembali lagi ke Ciamis. (lihat gambar dibawah)

Ambil kiri ya... arah cikijing (sumber gambar: google)
  • Nahhhh... anda sudah ada di jalur utama Tasik Cirebon...sebentar lagi anda masuk Kecamatan Cikijing
  • Sampai di Pertigaan Cikijing (lihat gambar dibawah), anda ambil kiri lagi ya...... kiri ke arah Majalengka dan ke arah Tol Cipali, kalau kanan ke Kabupaten Kuningan dan Cirebon
    Pertigaan cikijing ambil kiri arah ke Majalengka (sumber gambar: google)
  • Ikuti terus ya jalur itu..... Talaga -> Banjaran -> Maja -> Majalengka.... sampai dehhh di Majalengka....

INFORMASI TAMBAHAN

1. Rute singkatnya: TASIKMALAYA-CIHAURBEUTI-PANUMBANGAN-PANJALU-SUKAMANTRI-JAHIM-CIKIJING-MAJALENGKA
  2. Rute ini sudah bisa dibaca di GoogleMaps, Google Street View, GPS Offline.
  3. Meski jalan ini kecil, tapi bagus mulus apalagi musim arus mudik lebaran
  4. Rute ini menjadi alternatif Tasik-Jakarta menghindari macet di nagreg atau gentong, jadi alihkan Tasik Jakarta via Majalengka Tol Cipali
  5. Informasi Tasik Jakarta via Tol Cipali Majalengka bisa dibaca disini http://www.kompasiana.com/banjaranhilir/alternatif-jateng---ciamis---jakarta-via-tol-cipali_5760cb77cd9273382f324eb9
  6. Kalau anda bawa kendaraan besar jangan lewat sini, karena jalannya kecil, nanjak, banyak tikungan. (maksimal paling besar elf)
  7. Kalau hujan hati-hati pandangan terbatas sering berkabut kaya di korea hehehe...
  8. Sebaiknya anda jangan malam hari melewati jalur ini karena kalau malam kurang penerangan kecuali anda rombongan, atau musim arus mudik pasti rame lewat sini.