Mohon tunggu...
Bang Syaiha
Bang Syaiha Mohon Tunggu...

www.bangsyaiha.com | https://www.facebook.com/bangsyaiha

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Ilmu Kepenulisan di dalam Al-quran

14 Juni 2016   21:53 Diperbarui: 14 Juni 2016   22:06 0 2 2 Mohon Tunggu...

Bagi umat Islam, Al-quran adalah petunjuk jalan. Pedoman hidup yang baik dan benar. Barang siapa yang mengikutinya dengan sungguh-sungguh, maka kelak ia akan beruntung, masuk ke dalam surga dan terhindar dari api neraka.

Di dalam Al-quran, semua petunjuk hidup ada. Al-quran mengatur bagaimana kehidupan rumah tangga seharusnya, bagaimana pembagian waris yang tepat, bagaimana interaksi yang benar, bagaimana berdakwah dan mengajak orang kepada kebaikan, atau apa saja.

Percaya atau tidak, jika ilmu kita cukup dan mengerti tafsir Al-quran lalu mengamalkannya, maka kita akan menjadi pribadi yang lurus. Tidak melenceng, apalagi nyeleneh.

Karena hal inilah, maka selayaknya, di bulan Ramadan yang berkah ini, umat Islam harus memperbanyak interaksinya kepada Al-quran. Usahakan setiap hari membuka dan membacanya. Kalau tidak bisa satu juz, maka beberapa lembar saja juga tidak mengapa.

Di dalam Al-quran, sekali lagi saya tegaskan, semua kebutuhan dan petunjuk hidup ada. Bahkan termasuk ilmu tentang bagaimana seharusnya kita menulis.

Ilmu tentang kepenulisan ini berguna sekali bagi orang-orang yang konon, katanya, ingin menjadi penulis dan ingin bisa menghasilkan buku.

“Beneran, Bang? Emang di bagian mana Al-quran menjelaskan tentang aturan kepenulisan?”

Well, kalau kita mengharapkan Al-quran menjelaskan secara gamblang, tentu saja tidak ada. Kita perlu lebih dalam memaknai setiap ayat, menghubungkan satu dengan yang lainnya, lalu kemudian mengambil hikmah yang berguna.

“Oke, jadi pada bagian mana Al-quran menyinggung tentang ilmu kepenulisan?”

Baiklah..

...beberapa jenak yang lalu, saya baru saja membaca surah Muzammil (Surat ke 73 dalam Al-quran) dan mencoba merenungi artinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
KONTEN MENARIK LAINNYA
x