Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Nikmatnya Kuliner Brebes dan Banyak Ragam

24 November 2021   20:57 Diperbarui: 24 November 2021   21:08 371 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Setiap daerah pasti memiliki Kuliner yang khas entah masakan atau jajanan. Banyak ragam bahan dan citarasa entah dari sayuran, ikan atau daging hewan peliharaan. Begitu juga Kabupaten Brebes yang terletak di pantura Pulau Jawa dan ujung barat dari provinsi Jawa Tengah. Karena letak geografis dan pengaruh budaya Jawa dan Sunda sudah pasti memiliki cita rasa yang unik. Apa saja dih Kuliner Brebes selain sebagai sentra telor asin dan bawang merah?. 

1. Telor Asin

Dok. Yes
Dok. Yes

Telor asin sangat erat kaitannya dengan Brebes bahkan jadi iconnya Kabupaten Brebes. Dari sini telor asin berasal bahkan sejarah nya sudah ratusan tahun yang lalu. Bukan hanya sebagai lauk pauk saja namun ada akulturasi budaya China dan pribumi. Awalnya telor asin tercipta sebagai upaya untuk mengawetkan telor bebek yang sangat melimpah namun akhirnya jadi komoditi usaha rumahan sampai kini. 

Rasanya belum ke Brebes kalau belum menenteng telor asin. Dari mulai telor asin rebus kini berkembang berbagai varian seperti telor asin panggang sampai bakar, dari semula untuk lauk pauk kini bisa juga dinikmati sebagai cemilan tentu dengan kadar asin yang berbeda. Produk turunan telor asin kini mulai banyak diproduksi seperti Prutuk, Kerupuk sampai bumbu nasi goreng. Selain itu telor asin sudah diakui oleh pemerintah sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). 

2. Sate Blengong. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Selain telor asin ada lagi kuliner legendaris dari Brebes yaitu Sate Blengong. Blengong merupakan unggas hasil perkawinan silang antara bebek dan mentok. Tekstur dagingnya berserat agak kasar namun dagingnya empuk dan berwarna agak coklat. Sate Blengong biasanya dinikmati dengan kupat glabed dan berkuah kental. Sate Blengong yang dimasak berkuah bentuknya unik memanjang ditusuk menggunakan lidi dari daun kelapa, sedangkan yang dibakar sama seperti sate kambing. 

3. Sate Kambing

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan