Mohon tunggu...
Satria Adhika Nur Ilham
Satria Adhika Nur Ilham Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Nominasi Best in Spesific Interest Kompasiana Awards 2022 dan 2023 | Movie Enthusiast of KOMiK 2022

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Menjelajahi Nikmatnya Kuliner Khas Indonesia dalam Film "Aruna & Lidahnya"

28 Maret 2024   07:12 Diperbarui: 28 Maret 2024   18:44 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aruna (Dian Sastrowardoyo) dalam film Aruna & Lidahnya. Sumber foto: Palari Films

Film dapat menjadi medium mengenalkan kuliner khas daerah kepada masyarakat luas

Sembari menunggu waktu berbuka, saya mencoba untuk mencari tontonan kuliner yang sekiranya dapat menjadi referensi takjil saya beberapa hari ke depan. Setelah mencarinya di platform Netflix, saya akhirnya menemukan Aruna & Lidahnya di daftar pertama dalam film bertema kuliner.

Saya mencoba membaca sinopsisnya dan cukup tertarik untuk menontonnya. Ternyata memang benar, Aruna & Lidahnya mampu membuat saya ngiler dengan makanan khas Indonesia yang diperkenalkan. Tak hanya itu, Aruna & Lidahnya juga memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda. 


"Aruna & Lidahnya" bercerita tentang Aruna (Dian Satrowardoyo), seorang ahli epidemiologi yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus wabah flu burung yang sedang merebak di beberapa daerah Indonesia. Ia bertugas untuk memastikan apakah wabah tersebut benar-benar ada dan berdampak pada manusia, atau hanya terjadi pada unggas saja.


Dalam perjalanannya, ia mengajak sahabatnya, Bono (Nicholas Saputra), seorang koki yang sedang butuh bahan referensi terbaru untuk masakannya. Sembari bekerja, mereka berdua menyempatkan waktu untuk mencicipi kuliner yang ada di empat tempat, yakni Surabaya, Pamekasan, Pontianak, dan  Singkawang. 

Di perjalanan, Nad (Hannah Al Rashid), sahabat Aruna yang menjadi kritikus makanan juga turut bergabung dengan mereka. Di tengah perjalanan dalam bertugas, Aruna kembali bertemu teman lama kantornya, sekaligus seseorang yang ia sukai, yakni Farish (Oka Antara). 

Semakin lama menyelidiki kasus wabah flu burung tersebut, Aruna dan teman-temannya menemukan beberapa kejanggalan. Selain itu, mereka juga harus berhadapan dengan konflik percintaan, persahabatan, dan problematika orang-orang berusia 30-an. Akankah mereka berhasil menyelesaikannya?

Penasaran, apa yang membuat film ini menarik untuk ditonton? Yuk simak, ini ulasannya!

Film Bertema Kuliner yang Membuat Lapar

Aruna (Dian Sastrowardoyo), Bono (Nicholas Saputra), dan Nad (Hannah Al-Rashid) yang sedang mencicipi kuliner khas Indonesia. Sumber foto: IMDB
Aruna (Dian Sastrowardoyo), Bono (Nicholas Saputra), dan Nad (Hannah Al-Rashid) yang sedang mencicipi kuliner khas Indonesia. Sumber foto: IMDB

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun