Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pramuka Bagian Pendidikan Karakter Generasi Muda

14 Agustus 2021   17:57 Diperbarui: 14 Agustus 2021   18:10 119 9 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pramuka Bagian Pendidikan Karakter Generasi Muda
Dok. Pribadi

Pramuka salah satu pendidikan karakter untuk generasi muda yang ada disetiap sekolah dari SD sampai SMA, membentuk jiwa pemimpin yang cinta tanah air, setia kawan dan bertanggung jawab.

Kita semua sudah sangat akrab dengan Praja Muda Karana atau yang lebih dikenal dengan Pramuka. Pelajaran ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh siswa SD  SMP dan SMA. Setiap Jumat sore kita mengikuti kegiatan yang dinamakan "Latihan Pramuka" yang berisi kegiatan dari mulai latihan baris berbaris (PBB), tali temali, telik sandi (smamphore), jelajah alam sampai kepemimpinan. 

Bagi sebagian pelajar kegiatan pramuka kurang menarik, karena dari tingkat siaga, penggalang, penegak hampir seragam latihannya itu-itu saja. Tetapi entah mengapa aku sangat menyukai kegiatan pramuka sampai masuk di kegiatan Satuan Karya (Saka) Bhayangkara dan Wana Bhakti. Dari sanalah jiwa kepemimpinan dan mandiri tertanam dan terbawa sampai sekarang. 

Cinta tanah air, kesetiakawanan, bertanggungjawab dan disiplin

Dari yang diajarkan dalam latihan pramuka atau kegiatan perkemahan seperti Jambore banyak sekali yang kita dapatkan. Kita digembleng untuk mencintai tanah air dan bela negara serta rasa nasionalisme. Kemandirian didapat kita berkemah jauh dari keluarga, memasak dan mencuci baju sendiri.  Harus bertanggung jawab pada keutuhan dan keselamatan kelompok. Serta disiplin sesuai jadwal yang sudah ditentukan dari awal keberangkatan sampai pulang. Sungguh suatu kegiatan yang menyenangkan seperti dididik dalam kawah candradimuka. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Banyak kawan, selalu ceria, mengeksplorasi kemampuan dan bekerja sama. 

Banyak teman didapat dimanapun kita berada,  dengan mengikuti pramuka kita bisa mendapatkan teman bukan hanya tingkat kabupaten saja,  tetapi tingkat propinsi bahkan nasional. Kita saling berkawan,  bertukar informasi tentang daerah masing-masing mulai dari alam, seni,  budaya dan juga kulinernya. Anak pramuka selalu riang dimanapun, tak pernah bersedih, bisa menunjukan bakat yang dimiliki dan selalu bekerja sama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan