Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Wisata Petik Strowberry di Wisata Agro Kaligua Serasa Punya Kebun Sendiri

17 Juli 2020   21:50 Diperbarui: 17 Juli 2020   21:38 347 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wisata Petik Strowberry di Wisata Agro Kaligua Serasa Punya Kebun Sendiri
Dok. Pribadi

Menikmati buah strawbery bisa dengan berbagai cara,  dinikmati secara langsung, dibuat jus atau dibuat cake sama nikmatnya. Terlebih lagi menikmati buah strawbery langsung petik dari kebunnya,  pasti punya sensasi berbeda. Tapi dimana yah masa harus ke Bandung atau Malang, nah buat kalian yang tinggal di Jawa Tengah bisa datang di Kebun Strawberry Wisata Agro Kaligua. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Berada di kawasan berhawa sejuk diantara hamparan kebun teh,  strawberry tumbuh subur. Dengan perawatan yang insentif,  buah strawberry bisa diatur masa panennya untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.  Apalagi saat weekend buah yang masih mengkal pun terkadang di petik karena saking pinginnya memetik strawberry. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Didataran yang punya ketinggian antara 1.000-2.000 mdpl,  strawberry ( fragraria) bisa tumbuh dengan  baik dan subur. Strawberry juga bukan tanaman yang sulit untuk dibudidayakan tetapi sangat mudah pengolahan lahannya sama seperti tanaman lainnya.  Sistem penanaman menggunakan media polybag dengan cara mencampur tanah dengan pupuk kandang atau sejenisnya. Kemudian isi polybag dengan oplosan tanah dan pupuk kandang sampai penuh dan tanam bibitnya.

Dengan membayar tiket masuk 5.000 Rupiah diluar tiket masuk ke Wisata Agro Kaligua, kalian bisa melihat dan memetik buah strawberry dan wisata edukasi.  Tetapi ingat hasil strawberinya ditimbang dan bayar lagi loh alias tidak gratis. Satu kilogram diharga 50.000 atau 10.000 untuk mika yang kecil.  

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Disini kalian akan tahu bagaimana strawberry dikembangbiakan dan kapan mulai berbuah. Strawberry  akan mulai berbuah pada  60 HST ( hari setelah tanam ). 

Cara untuk meningkatkan produktifitas buah tidak memerlukan obat-obatan atau pestisida cukup menjarangkan daun, bunga dan memotong sulur yang memanjang atau stolon.  Nah sulur inilah yang akan menjadi bibit baru untuk memperbanyak tanaman strawberry. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng) 

VIDEO PILIHAN