Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Kapal Burak, Bukti Kesaktian Orang Brebes

29 Maret 2020   19:42 Diperbarui: 29 Maret 2020   19:51 38 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kapal Burak, Bukti Kesaktian Orang Brebes
Dok. Pribadi

Orang Brebes itu sakti mandraguna loh?  Mau bukti,  coba kalian makannya apa?  Nasi padang,  bubur ayam,  sayur asem, nasi lengko atau opor ayam kan? Itu mah biasa,  tapi orang Brebes beda,  makannya Kapal Burak.  Sumpeh loh?  Iya beneran makan kapal burak. 

Tapi Kapal Buraknya bukan kapal sungguhan,  tapi jenis kuliner yang bahan bakunya kepala ikan Etong.  Tongkrongan atau tampilan setelah matang diatas meja seperti kapal burak atau kapal rusak. Biarpun namanya seperti jenis angkutan,  tapi soal rasa nomer siji alias number one. 

Dok. Pribadi : Kapal Burak
Dok. Pribadi : Kapal Burak

Untuk menghasilkan Kapal Burak yang nikmat dan tidak bau amis,  ikuti langkah berikut ini. Kepala ikan dicuci bersih, terus rebus terlebih dulu.  Setelah itu digoreng untuk menghasilkan tekstur yang kenyal dan renyah.  Uleg atau blender bawang merah,  bawang putih,  kemiri, ketumbar,  jahe,  laos dan cabe merah,  goreng sampai tercium bau harum.  Jika sudah tercium bau harum kasih santan,  daun salam,  sereh, cabe hijau dan jangan lupa kepala ikannya. Aduk sampai merata, tambahkan gula dan garam,  tambah kecap kalau suka dan terus aduk sampai kuah agak mengental. Sebelum diangkat untuk disajikan tambah irisan tomat. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Nah kalau kalian pingin praktisnya tidak usah repot memasak,  cukup datang di Sigambir. Disini ada warung yang menjual kapal burak, tapi pesen dulu yah takut kehabisan.  Jadi kalau pingin sakti datang aja kesini menjawab tantangan makan Kapal Burak. (KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng) 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x