Mohon tunggu...
Bambang Trim
Bambang Trim Mohon Tunggu... Pendiri Institut Penulis Indonesia

Tukang buku keliling ini telah lebih dari 25 tahun berada di jagat perbukuan sebagai penulis dan editor. Ia pernah memimpin beberapa penerbit nasional. Kini memimpin Penpro (Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia) dan LSP Penulis & Editor Profesional. Suatu saat ia ingin mendirikan perguruan tinggi penulisan-penerbitan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Merdeka Menjawab

22 Februari 2020   08:16 Diperbarui: 22 Februari 2020   08:17 180 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merdeka Menjawab
Belajar Merdeka (Gubahan Bambang Trim dari Canva)

Merdeka belajar, itu konsep bagus dari Mendikbud Nadiem Makarim. Sebuah terobosan paling tidak untuk mencairkan "kebekuan" pola pendidikan kita sehingga tertinggal dari negara setara. Saya kira soal merdeka belajar tidak dapat dipisahkan dari merdeka menjawab dari soal-soal yang diberikan oleh sang guru.

Saya ingat betul saat putri saya ketika duduk di kelas 1 SD mengikuti ujian. Selembar kertas ujian yang sudah dikerjakannya dan diberi nilai membuat saya tersenyum.

Soal: Mangga muda rasanya ....
Jawaban putri saya: tidak enak

Guru menyalahkan jawaban itu karena mestinya yang benar menurutnya adalah 'asam'. Itu soal jawaban tertutup. Jawabannya sudah pasti harus itu. Itu!

Inginnya saya membela putri saya yang merdeka menjawab sesuai dengan pengetahuannya dan pengalamannya. Tentu saja ia tidak salah mengatakan jika mangga muda rasanya tidak enak dan sebaliknya, mangga matang rasanya enak. Namun, ini soal konsep rasa yang umum berlawanan dengan konsep rasa yang spesifik, seperti manis, asin, asam, atau kecut.

***

Memang guru akan serbasalah ketika membuat soal dengan jawaban terbuka alias banyak kemungkinan jawaban yang boleh jadi semuanya tepat bergantung pada pengetahuan dan pengalaman siswa. Di sisi lain membuat soal dengan jawaban tertutup membuat suatu pelajaran cenderung menjadi hafalan.

Mari kita baca ilustrasi berikut ini.

Di sebuah sekolah menengah pertama, seorang guru menuliskan soal di papan tulis untuk ketiga muridnya.

"Sebutkan kelima warna pada lagu Balonku versi terbaru!"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN