Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum : Tan keno kinoyo ngopo

Berpikir tentang Seni adalah Janji Kebahagian Umat Manusia untuk mencari Cinta yang paling luhur

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Diskursus Pemikiran Antonio Gramsci (1)

23 November 2022   22:45 Diperbarui: 23 November 2022   23:11 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diskursus Pemikiran Antonio Gramsci (1)

Pemikiran Antonio Gramsci tentang hegemoni   kontra-hegemoni memberikan sebuah pendekatan terhadap kapitalisme masa kini yang darinya gerakan buruh dapat mengambil landasan untuk memahami hubungan antara basis kekuatan material dan hegemoni spiritual. Pentingnya ideologi tidak berkurang. 

Sebaliknya, justru persoalan-persoalan ekonomi kapitalis dewasa ini  menampakkan diri sebagai persoalan hegemoni spiritual. Ideologi neoliberal ditantang oleh solusi Keynesian "lama", sementara gerakan buruh masih meraba-raba rekan-rekannya. Oleh karena itu, membangun kontra-hegemoni merupakan tantangan gerakan buruh, dan di sini analisis Gramsci sangat berguna.

Antonio Gramsci (22 Januari 1891 -- 27 April 1937) meninggal karena tuberkulosis, tidak lama setelah dibebaskan dari penjara Mussolini setelah sepuluh tahun ditahan dan menderita fisik. Sebelum tinggal di penjara, dia adalah salah satu pemimpin terkemuka dan paling aktif dari Partai Komunis Italia (PCI), yang dia dirikan bersama di Livorno. 

Teman dekat Gramsci dan rekan seperjuangan, pemimpin legendaris PCI selama bertahun-tahun, Palmiro Togliatti, menyebut Gramsci sebagai "orang partai".   Gramsci adalah seorang Leninis dan internasionalis dan pernah memimpin Komunis Internasional (Komintern). Jangan lupakan atau tutupi latar belakang ini, yang sangat dikuasai oleh sebagian orang. Jangan mencabut gigi Gramsci dan mengubahnya menjadi "liberal" yang tidak berbahaya. Dia revolusioner. Antonio Gramsci adalah seorang Marxis. Dia adalah seorang komunis. Tapi dia bukan seorang Stalinis.

Sebagai keingintahuan sejarah, saya dapat menyebutkan  ketika hubungan antara Komintern dan partai-partai Skandinavia dibahas pada pertemuan eksekutif yang diperpanjang pada bulan Juni 1923, dan di mana pertemuan tersebut terutama membahas Partai Buruh Norwegia, yang masih menjadi anggota Partai Buruh Norwegia, yang masih menjadi anggota Partai Buruh Norwegia, Komintern, tetapi sedang dalam proses bergabung, dan menemukan Gramsci di antara penandatangan salah satu dokumen dari Komite Eksekutif Internasional.

Lebih lanjut saya dapat menyebutkan  pada bulan Oktober 1926 Gramsci berbicara kepada Komite Sentral Partai Komunis Uni Soviet (SUCP) dengan surat di mana dia mengkritik metode yang digunakan dalam perjuangan internal partai, terutama ketika ingar-bingar serangan Stalin terhadap Bukharin. 

Togliatti, yang saat itu sudah menjadi anggota Komintern, dan yang sebenarnya bersimpati dengan posisi Bukharin, menolak menyerahkan surat itu kepada Komite Sentral, karena dia khawatir surat itu akan dianggap sebagai campur tangan "dan merugikan". (P. Togliatti: "Lettera a Antonio Gramsci", 18. Ottobre 1926.) Sudah pada saat itu, baik Togliatti maupun pemimpin terkemuka Komintern lainnya tidak mampu berbenturan dengan Stalin, yang secara serius mulai memperketat cengkeramannya di kedua negara. Komintern dan Uni Soviet.

Antonio Gramsci terutama dikenal karena tulisannya dari penjara - "Quaderni del carcere" -nya, dan inilah yang membuatnya menjadi salah satu ahli teori dan politisi Marxis yang paling kreatif dan menarik. Ya, setelah Vladimir Lenin, mungkin tidak ada seorang pun di abad ke-20 yang meninggalkan jejak orisinal dan abadi seperti Antonio Gramsci. Dan tema yang dia tangani, seringkali terpisah-pisah, sangat luas dan beragam.

Ini adalah spektrum yang mencakup filsafat, budaya, pedagogi, politik, masalah partai, tentang intelektual, Fordisme, teori negara, sejarah, dll. Sebagian besar dicirikan oleh zaman, tetapi banyak  yang memiliki nilai umum dan abadi yang dapat kita ambil dari dan teruskan dan kembangkan - dalam kondisi baru. Pekerjaan akan hidup di generasi baru. Dia telah meninggalkan warisan yang kaya untuk anak cucu. Ketika Gramsci berada di balik pintu penjara, dia berkata ingin menulis "untuk selamanya". Dia telah berhasil itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun