Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Tan keno kinoyo ngopo

Sementara waktu__ izin saya minta maaf dan mohon maaf sekali lagi, jika belum bisa atau tidak sempat membalas komentar, atau vote, terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Romantisme dan Simbiosis Hegelian (3)

14 Agustus 2022   20:51 Diperbarui: 14 Agustus 2022   21:27 195 10 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Romantisme Dan Simbiosis Hegelian; Hegel dan metafisika romantis

Georg Wilhelm Friedrich Hegel (27 Agustus 1770/14 November 1831) adalah filsuf Jerman.  Hegel dianggap sebagai salah satu tokoh terpenting dalam idealisme Jerman dan salah satu tokoh pendiri filsafat Barat modern,  dengan pengaruhnya meluas ke seluruh jajaran masalah filosofis kontemporer, dari epistemologi, logika, metafisika,  estetika, filsafat sejarah, filsafat agama, filsafat hukum, filsafat sejarah;

Isu tentang hubungan satu diri dengan yang lain sangat penting secara fundamental bagi idealisme dan mewakili tema utama dalam pemikiranGeorg Wilhelm Friedrich Hegel. 

Dalam pengaturan filosofis seperti idealisme, di mana fakta masyarakat diterima dan bukan hanya kesempatan untuk latihan skeptis, menjadi jauh lebih sulit untuk mempertahankan tesis Hume tentang tidak dapat direduksinya "seharusnya" menjadi "adalah" klaim itu penilaian moralitas tidak dapat disimpulkan secara logis hanya dari pernyataan fakta.

Alasannya, cukup sederhana,    dalam lingkungan yang terdiri dari multiplisitas diri dan dengan demikian pikiran, gagasan untuk membenarkan apa yang dilakukan seseorang, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi untuk orang lain yang mungkin terpengaruh oleh tindakan seseorang, menganggap penting    itu tidak dapat dimiliki ketika hal-hal seperti itu dipertimbangkan oleh orang-orang dalam privasi hati nurani mereka sendiri

Mungkin pencapaian idealisme yang paling signifikan dari sudut pandang antropologi filosofis adalah penggantian konsep pikiran individu dengan konsep pikiran individu.Geist. 

Meskipun kata ini biasanya diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai "roh," kata itu tidak pernah dimaksudkan untuk menyampaikan sesuatu yang mistis, melainkan karakter pengetahuan dan pemikiran yang pada dasarnya bersifat sosial dan intersubjektif. 

Namun karena idealisme berkembang terutama di Jerman, tradisi otoriter dari masyarakat itu sering dibacakan ke dalam doktrin Geist, bahkan ketika interpretasi lain dimungkinkan yang akan lebih sesuai dengan cita-cita masyarakat liberal. 

Tulisan-tulisan Hegel khususnya telah menderita di bawah perlakuan hermeneutik semacam ini, dengan hasil    keluasan dan kedalaman yang luar biasa dari visinya tentang dunia manusia sebagian besar telah terlewatkan.

 Mungkin pencapaian terbesar dari idealisme adalah konsepsi Hegel tentang dunia manusia sebagai apa yang disebutnya "semangat objektif," sebuah dunia praktik dan institusi bersama yang tidak boleh diidentifikasi baik dengan cara alam diatur atau dengan ke dalam dan privasi sebuah subjek individu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan