Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo_Academic Tools
APOLLO_ apollo_Academic Tools Mohon Tunggu... Dosen - Tan keno kinoyo ngopo

Sementara waktu__ izin saya minta maaf dan mohon maaf sekali lagi, jika belum bisa atau tidak sempat membalas komentar, atau vote, terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Antisepsis Louis Pasteur?

8 Agustus 2022   13:23 Diperbarui: 8 Agustus 2022   13:37 87 9 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa Itu Antisepsis Louis Pasteur?

Sulit dibayangkan, pada awal abad ke-21, seorang dokter mempertanyakan peran bakteri atau virus dalam asal mula dan perkembangan penyakit menular, namun hanya 150 tahun yang lalu situasinya sangat berbeda.

 Kedokteran adalah ilmu yang diamalkan dibalik kemajuan ilmu yang berasal dari Fisiologi atau ilmu kehidupan, dokter enggan untuk meneliti atau bereksperimen dan segala kontribusi yang tidak berasal dari dokter dianggap sebagai gangguan dalam seni penyembuhan yang mulia. 

Di sisi lain, tidak ada kemajuan yang memadai telah dibuat dalam pengetahuan tentang dunia mikroskopis setelah pengumuman Leuwenhoeck, pada abad ke-17, tentang keberadaan animalcules .kecil di bawah lensa lensa buatan tangan pertama.

Louis Pasteur lahir pada tahun 1822 di Dole, sebuah kota di wilayah Jura di Franche-Comte di Prancis timur.  

Ayahnya adalah penyamak kulit, jadi aroma lemak dari kulit yang diolah di penyamakan keluarga  tidak asing bagi Louis muda, Patrice Debre, salah satu penulis biografinya, melangkah lebih jauh dengan menunjukkan   sensasi ini bersama dengan aroma must dari kebun-kebun anggur di wilayah itu, memengaruhi panggilan profesionalnya di kemudian hari.

Pasteur mempelajari Kimia dan pada awalnya tertarik pada Kristalografi, ilmu yang berhubungan dengan hukum dan sifat yang mengatur pembentukan kristal. Sejak saat pertama ini, ia memulai pendekatannya pada ilmu kehidupan, menemukan hubungan antara arsitektur molekuler senyawa kimia dan beberapa sifat fisik, seperti, misalnya, kapasitas rotasi cahaya terpolarisasi .. 

Dia segera sampai pada kesimpulan   senyawa penting untuk kehidupan menunjukkan aktivitas optik, sehingga menjadi asimetris secara molekuler; "Hidup itu asimetris" akan menjadi kalimat dalam karya-karyanya. 

Kemudian dia membahas fenomena Fermentasi, yang membuatnya mendekati, mungkin untuk pertama kalinya, mikroorganisme, menunjukkan   itu adalah proses di mana makhluk hidup, makhluk mikroskopis, ragi, campur tangan, yang bertindak sebagai sebuah fermentasi .

Kemampuannya untuk melampaui batas-batas ilmu yang berdekatan membuatnya mendapatkan banyak kritik dan antipati, tidak hanya dari dokter, seperti yang akan kita lihat nanti, tetapi   dari rekan-rekan kimianya sendiri yang melihatnya sebagai langkah mundur untuk mengembalikan masalah kimia seperti itu. sebagai fermentasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan