Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Buruh - Tan keno kinoyo ngopo

Sang Hyang Taya (Kapitayan)

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Homoseksualitas dan Makna Pernikahan [2]

30 Juni 2022   18:34 Diperbarui: 30 Juni 2022   18:35 136 21 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa Itu Homoseksualitas dan Makna Pernikahan [2]

Pada tahun 2003, saluran kabel Amerika memperkenalkan acara cek gay dan kemudian reality show gay yang memecahkan rekor peringkat dan dengan cepat diambil oleh siaran. jaringan raksasa nbc . "Beberapa pemimpin jaringan dan kabel mengatakan keputusan Mahkamah Agung pada 6 hingga 3 Juni, yang mencabut undang-undang tentang sodomi di Texas dan melegalkan perilaku seksual gay, menggarisbawahi apa yang sudah mereka ketahui:  sikap bangsa terhadap gay dan lesbian telah berubah secara radikal. , " tulis New York Times. 

Tiga puluh tahun yang lalu, serial prime-time menggambarkan homoseksual sebagai bunuh diri atau psikopat.  Jika pemirsa televisi Amerika pada saat itu dapat melihat apa yang dapat dilihat pemirsa sekarang "(29 Juli 2003; sorotan ditambahkan). Pada saat yang sama, TV di prime time dipenuhi dengan semakin banyak penggambaran positif homoseksual di acara-acara seperti Will dan Grace, yang memulai debutnya pada tahun 1998.

Budaya populer dikreditkan dengan membantu menciptakan perubahan luas dalam opini publik. Pada Juli 2003, sebuah studi oleh Pew Research Center menemukan  di AS, penentangan terhadap "pernikahan gay" telah turun secara signifikan (53 persen responden, turun dari 65 persen hanya tujuh tahun sebelumnya). Sebuah jajak pendapat tahun 2003 oleh cnn - USA Today, menemukan  hanya 46 persen orang Amerika yang menentang "pernikahan" gay dan 48 persen mendukungnya.

Perubahan cepat yang sama  terjadi di Kanada. Baru-baru ini pada tahun 1994, pemerintah sayap kiri di provinsi Ontario memperkenalkan seperangkat aturan yang akan menjamin hak pernikahan sesama jenis - dan harus membatalkan gagasan itu ketika massa abu-abu anggota parlemennya sendiri memberontak. Pada tahun 1995, Mahkamah Agung Kanada memutuskan di Egan v. Kanada  seorang pria gay yang hidup bersama dengan orang lain tidak dapat mengklaim pensiun pensiun pasangannya karena mereka bukan 'pasangan' "( National Review, 14 Juli 2003). 

Namun, dalam satu dekade, oposisi Kanada terhadap homoseksualitas runtuh. Bangsa menjadi motor penggerak dalam melegalkan "perkawinan" antar pasangan
dari jenis kelamin yang sama. Setelah Belanda menjadi negara pertama di dunia yang melegalkannya pada tahun 2000, Pengadilan Tinggi Ontario memutuskan pada tahun 2003  definisi tradisional pernikahan antara pria dan wanita tidak konstitusional, dan Perdana Menteri Jean Chretien mengumumkan dukungan pemerintahnya untuk rencana tersebut. Pengadilan Banding di British Colombia dengan cepat bergabung dengan Ontario pada tahun yang sama. Enam provinsi lagi bergabung dengan pengesahan hubungan sesama jenis pada tahun berikutnya, dan itu menjadi undang-undang nasional pada tahun berikutnya.

Pada tahun 2000, Vermont adalah Amerika Serikat pertama yang melegalkan kemitraan sesama jenis. Pada November 2003, keputusan pengadilan Massachusetts yang mendukung "pernikahan" gay menjadi berita utama di seluruh Amerika Serikat, dan Massachusetts menjadi negara bagian pertama yang melegalkan pernikahan sesama jenis pada tahun 2004 melalui keputusan pengadilan. Pada tahun yang sama, Walikota San Francisco Gavin Newsom dengan cepat memberikan izin pernikahan gay. Banyak negara bagian lain mengikuti di tahun-tahun berikutnya.

 Pada tahun 2008, Mahkamah Agung California membuat "pernikahan" gay legal. 

Dalam pemilihan empat bulan kemudian, jutaan orang California meloloskan amandemen konstitusi negara bagian, Proposisi  yang melarang "pernikahan" ini - tetapi dua tahun kemudian, seorang hakim federal gay menyerangdari San Francisco hingga larangan itu. Dia mengatakan  keyakinan agama terhadap homoseksualitas merugikan kaum homoseksual, dan  Konstitusi menjamin hak kaum homoseksual untuk "menikah." Namun, banding terhadap putusan hakim menunda proposisi.

Pada bulan Maret 2013, Mahkamah Agung mendengar dua kasus tentang "pernikahan gay." Sementara pengadilan mendengarkan argumen lisan, subjek sekali lagi mendominasi percakapan nasional. Pada tanggal 26 Juni tahun itu   hari bersejarah bagi kaum homoseksual Proposisi 8 sepenuhnya dikalahkan, secara efektif memungkinkan "pernikahan" sesama jenis di California, negara bagian terpadat di negara itu.

Pada hari yang sama, pengadilan  mencabut Undang-Undang Pembelaan Perkawinan) [Defense of the Marriage Act], undang-undang federal tahun 1996 yang mendefinisikan pernikahan adalah antara seorang pria dan seorang wanita. Ini berarti  pemerintah federal sekarang akan mengakui "perkawinan" homoseksual sebagai setara dengan pernikahan heteroseksual, yang memerlukan perubahan di lebih dari 1.100 undang-undang dan peraturan federal. Pemerintahan Obama berjanji untuk bertindak cepat untuk memperluas tunjangan federal kepada pasangan sesama jenis yang "menikah" secara legal. Itu adalah pergeseran tercepat dalam hak-hak sipil dalam sejarah AS .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan