Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo. CIFM
Prof. Dr. Apollo. CIFM Mohon Tunggu... Seniman - Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Anaxagoras Tentang "Nous"

2 Agustus 2021   16:57 Diperbarui: 2 Agustus 2021   17:25 193 6 0 Mohon Tunggu...

 Filsafat  Anaxagoras tentang Nous

 Anaxagoras adalah orang yang membawa filsafat ke Athena. Teori ini didasarkan pada tradisi ilmu alam Ionia dan penuh semangat ilmiah. Itu dibeli oleh Pericles dan diundang ke Athena sebagai orang bijak. Dia menghabiskan tiga puluh tahun di Athena dalam hidupnya, tetapi akhirnya diadili dan dibuang oleh warga Athena.

(Pythagoras, Xenophanes, Parmenides, Zenon, Empedocles), filsafat Yunani kembali ke Timur. Dibesarkan di Ionia, ia menghabiskan tiga dekade hidupnya di Athena, di mana ia menjadi teman Pericles. 

Penentang Pericles, yang ingin menyerang negarawan dengan serangan terhadap filsuf, menuduhnya "tidak bertuhan" (seperti Socrates). Anaxagoras meninggalkan Athena; Anaxagoras menemukan rumah baru di Lampsakos, di pantai selatan Hellespont.

Seperti Empedocles dan kemudian Leucippus dan Democritus, Anaxagoras menerima tesis dasar Parmenides: Apa yang ada tidak dapat muncul dari dan lenyap menjadi non-ada. Dan seperti para pluralis lainnya, ia berusaha menyelamatkan dunia empiris dari konsekuensi logika Eleatic. 

Karena pluralitas dunia tidak dapat muncul dari suatu kesatuan yang asli, ia pastilah bersifat elementer. Jawabannya berbeda dari yang lain pada dua poin kunci. Dunia tidak muncul dari empat elemen utama (Empedocles) atau dari materi homogen (atomis), tetapi dari campuran universal semua hal yang kemudian terbentuk.

Semua zat alami ada sejak awal,  di setiap partikel materi; yaitu dalam arti tertentu setiap partikel mempertahankan keadaan asli dunia. Tapi Anaxagoras bergerak menjauh.tidak sepenuhnya dari konsep unsur. 

Tidak ada tubuh yang mengandung semua zat dalam proporsi yang sama; zat dominan di dalamnya menentukan sifat dan penampilan luarnya. Dan seperti setiap benda secara keseluruhan, setiap bagian, tidak peduli seberapa kecilnya, tetap mengandung jumlah komponen yang tak terbatas. Anaxagoras mendalilkan (melawan Zeno) keterbagian materi yang tak terbatas.

Keadaan asli materi adalah campuran sempurna dari semua partikel yang tidak dapat binasa dari mana dunia kemudian muncul: "Semua hal bersama-sama, tak terbatas jumlahnya dan kecilnya. Tak satu pun (dari benda-benda itu) terlihat karena kecilnya, karena segala sesuatu terdiri dari "aer" dan "aither", keduanya tak terbatas. 

"Massa primordial ini diam. Sebuah kekuatan eksternal membuat mereka bergerak dan dengan demikian memulai kosmogoni. Pada fase pertama yang menentukan, rotasi ini memisahkan "aer" dan "aither" dari satu sama lain - dua keadaan kutub asli materi. "Aer", yang sebagian besar padat, dingin, lembab, gelap, berkumpul di tengah dan mengembun menjadi bumi, "aither", yang sebagian besar tipis, panas, kering, ringan, dilemparkan ke area luar kosmos dan membentuk langit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x