Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Apakah Riset Online Memiliki Validitas dan Reabilitas?

22 Mei 2021   18:17 Diperbarui: 22 Mei 2021   18:30 130 5 0 Mohon Tunggu...

Apakah Riset Online memiliki Validitas dan Reabilitas

Riset Online  atau penggunaan internet telah berkembang menjadi media informasi dan komunikasi yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir dan sebagai hasilnya pengguna Internet mengalami peningkatan yang sangat besar. 

Angka-angka ini membuat media Internet semakin menarik bagi banyak disiplin penelitian, karena ia menawarkan dirinya dengan berbagai layanannya sebagai platform untuk pengumpulan data dari semua jenis. 

Pengamatan, wawancara, dan eksperimen berbasis internet telah dilakukan sejak lama. Metode yang paling sering digunakan kuesioner dengan Google Form, bagaimanapun, adalah pemeriksaan kuesioner melalui email dan, khususnya, pemeriksaan kuesioner di World Wide Web.

Tetapi meskipun Internet dengan berbagai layanannya telah secara aktif digunakan sebagai instrumen survei, terutama oleh penelitian pasar dan opini, untuk waktu yang lama, penelitian sosial empiris masih relatif enggan menggunakan sumber pengumpulan data baru ini. Alasan untuk ini terutama dapat ditemukan dalam kekhawatiran tentang keterwakilan dan kualitas data yang diperoleh melalui survei online.

Keunikan dan keuntungan dari "  teknik mentransfer kuesioner kepada responden" baru ini menawarkan perspektif dan kemungkinan yang benar-benar baru untuk penelitian sosial empiris, tetapi mereka harus lebih dekat hubungannya dengan Kesulitan metodologi tertentu dapat diatur untuk dapat menentukan manfaat sebenarnya dari metode ini.

Teknik mentransfer kuesioner kepada responden   memang menawarkan perspektif dan kemungkinan yang sama sekali baru untuk penelitian sosial empiris, tetapi harus lebih dekat terkait dengan kesulitan metodologis tertentu untuk menentukan manfaat aktual dari metode ini untuk dapat. 

Teknik mentransfer kuesioner kepada responden  memang menawarkan perspektif dan kemungkinan yang sama sekali baru untuk penelitian sosial empiris, tetapi harus lebih dekat terkait dengan kesulitan metodologis tertentu untuk menentukan manfaat aktual dari metode ini untuk dapat dilaksanakan riset.

Riset online dapat diinterpretasikan dengan berbagai cara. Ini dapat berarti   Internet itu sendiri adalah subjek penelitian atau Internet digunakan sebagai instrumen survei.   

Jika Internet itu sendiri digunakan sebagai instrumen survei, survei tersebut bersifat reaktif, yaitu dalam bentuk survei online, atau non-reaktif, dalam bentuk analisis konten (misalnya dari forum dan blog) atau observasi (misalnya dari file log), dilakukan.  

Alasan Riset Online pertumbuhan yang sangat pesat ini adalah banyak keuntungan dari survei online dibandingkan dengan metode survei tradisional, seperti fakta bahwa mereka dapat dilakukan dengan cepat atau bahwa jumlah responden yang tidak terbatas dapat dihubungi secara bersamaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN