Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

The Republic Plato Buku X

19 Mei 2020   13:43 Diperbarui: 19 Mei 2020   13:45 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Tulisan_ The Republic Plato Buku 10|Dokpri

The Republic Plato  atau Platon_ Buku 10

Teks 10.595a  atau [595a] Socrates; "Dan sungguh," kataku, "banyak pertimbangan lain meyakinkan saya bahwa kami sepenuhnya benar dalam organisasi negara kami, dan terutama, saya pikir, dalam hal puisi.  Bagaimana dengan itu? " dia berkata. “Menolak untuk mengakui  sama sekali seperti itu adalah meniru  ; untuk itu sudah pasti tidak akan diterima adalah, saya pikir,

[595b]  masih lebih jelas sekarang karena kita telah membedakan beberapa bagian jiwa. " "Apa maksudmu?" "Mengapa, di antara kita  karena kamu tidak akan mengkhianati aku kepada penyair tragis dan semua peniru lainnya - seni semacam itu tampaknya merupakan korupsi dari pikiran semua pendengar yang tidak memiliki, sebagai penangkal pengetahuan tentang sifat aslinya. " "Apa idemu mengatakan ini?" dia berkata. “Aku harus berbicara,” kataku, “meskipun cinta dan hormat tertentu untuk Homer   yang merasuki aku dari seorang anak lelaki akan membuatku tidak berbicara.

[595c]  Karena ia tampaknya adalah guru pertama dan pemula dari semua keindahan tragedi ini. Namun demikian, kita tidak boleh menghormati seseorang di atas kebenaran,   tetapi, seperti yang saya katakan, ucapkan pikiran kita. " "Bagaimanapun juga," katanya. "Dengar, kalau begitu, atau lebih tepatnya, jawab pertanyaanku." "Tanyakan," katanya. “Bisakah Anda memberi tahu saya secara umum apa itu imitasi? Karena saya juga tidak cukup mengerti apa yang akan terjadi. " " Kalau begitu, kemungkinan besar," katanya, "bahwa aku harus menangkap!" “Tidak ada yang aneh,” kata saya, “karena sering terjadi

[596a]  bahwa pandangan redup melihat hal-hal di muka yang lebih tajam.   Begitulah, "katanya; "Tetapi di hadapanmu aku bahkan tidak bisa berusaha untuk menyatakan apa pun yang tampak bagiku, tetapi apakah kamu sendiri mempertimbangkannya." "Jadi, bisakah kita memulai penyelidikan pada saat ini dengan prosedur kebiasaan   kita ? Menurut saya, kita berada dalam kebiasaan, dengan mengajukan satu ide atau bentuk   dalam kasus berbagai keragaman yang kita beri nama yang sama. Kamu tidak mengerti?" "Ya." "Kalau begitu, dalam kasus ini, izinkan kami mengambil multiplisitas sesukamu;

[596b]  misalnya, ada banyak sofa dan meja. " "Tentu saja." "Tapi peralatan ini menyiratkan, saya kira, hanya dua ide atau bentuk, satu sofa dan satu meja." "Iya." "Dan bukankah kita juga terbiasa mengatakan bahwa pengrajin yang membuat salah satu dari mereka memusatkan perhatiannya pada ide atau bentuk, dan karenanya membuat sofa yang satu dan yang lainnya meja yang kita gunakan, dan dengan cara yang sama hal-hal lain? Karena tentu saja tidak ada pengrajin yang membuat ide itu sendiri. Bagaimana dia bisa? " "Dengan tidak bermaksud." “Tapi sekarang pertimbangkan

[596c]  nama apa yang akan Anda berikan kepada pengrajin ini. ” "Apa itu?" "Dia yang membuat segala sesuatu yang diproduksi oleh semua pengrajin." "Pria yang benar-benar pintar dan menakjubkan yang kamu ceritakan." "Ah, tapi tunggu, dan kau akan berkata begitu, karena pengrajin yang sama ini tidak hanya mampu membuat semua peralatan, tetapi dia menghasilkan semua tanaman dan hewan, termasuk dirinya sendiri, dan di sana bumi dan surga dan para dewa dan semua hal di surga dan di Hades di bawah bumi. " "Sofis yang paling luar biasa

[596d]  katanya. "Apakah kamu ragu?" kata saya. "Katakan padaku, apakah Anda menyangkal sama sekali kemungkinan pengrajin seperti itu, atau apakah Anda mengakui bahwa dalam arti tertentu mungkin ada pencipta semua hal ini, dan dalam arti lain tidak? Atau apakah Anda tidak menganggap bahwa Anda sendiri dapat membuat semua ini dengan cara? " "Dan dengan cara apa, aku bertanya padamu," katanya. “Tidak ada kesulitan,” kata saya, “tetapi itu adalah sesuatu yang dapat dibuat pengrajin di mana-mana dan dengan cepat. Anda bisa melakukannya paling cepat jika Anda memilih untuk mengambil cermin dan membawanya ke mana-mana.

[596e]  Kamu akan dengan cepat menghasilkan matahari dan semua hal di langit, dan dengan cepat bumi dan dirimu sendiri dan hewan-hewan lain serta peralatan dan tanaman serta semua objek yang baru saja kita bicarakan sekarang. ” "Ya," katanya, "penampilan mereka, tetapi bukan realitas dan kebenaran." “Luar biasa,” kata saya, “dan Anda membantu argumen dengan tepat. Karena saya menganggap bahwa pelukis itu juga termasuk kelas produsen ini, bukan? ” "Tentu saja." "Tapi Anda akan mengatakan, saya kira, bahwa ciptaannya tidak nyata dan tidak benar. Namun, setelah mode, pelukis juga membuat sofa, bukan? " "Ya," katanya, "penampilan seseorang, dia juga."

[597a]  "Bagaimana dengan pembuat kabinet? Tidakkah kamu baru saja mengatakan bahwa dia tidak membuat ide atau bentuk yang kita katakan adalah sofa asli, sofa itu sendiri,   tetapi hanya sofa tertentu? " "Ya saya." “Maka jika dia tidak membuat apa yang sebenarnya, dia tidak bisa dikatakan membuat makhluk nyata tetapi sesuatu yang menyerupai makhluk nyata tetapi bukan itu. Tetapi jika ada orang yang mengatakan bahwa berada dalam pengertian yang sepenuhnya milik karya pembuat kabinet atau milik pengrajin lain, tampaknya ia akan mengatakan apa yang tidak benar. " "Itu akan menjadi pandangan," katanya, "orang-orang yang berpengalaman dalam penalaran semacam ini." "Kita tidak perlu terkejut, kalau begitu, jika ini juga hanya bayangan remang dibandingkan dengan kenyataan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun