Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Descartes Kepastian Akan Tuhan, dan "Cogito Ergo Sum"

6 Desember 2019   10:49 Diperbarui: 6 Desember 2019   11:08 1079
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Descartes Kepastian Akan Tuhan dan "Cogito Ergo Sum"

Rene Descartes, lahir 31 Maret 1596 di La Haye (Touraine), Perancis, menulis "Meditasi Prima Filsafat" (Meditasi Filsafat Pertama) pada 1641 sebagai semacam monolog salah satu karya filosofis utamanya, yang ingin saya uraikan dalam karya ini. Terutama yang sering dikutip dan ditafsirkan "Cogito, ergo sum", "Saya pikir, karena itu saya", yang bahkan tidak secara harfiah dalam "Meditationes de Prima Philosophia, di qua Dei existentia et animae immortalitas demonstratur"  , sebagaimana judul terperinci dari edisi 1641 berbunyi, harus memenuhi saya dalam sambutan saya selanjutnya.

Jadi saya akan mencoba mengikuti jalan mental Ren Descartes, yang telah ia jalani untuk mencapai kepastian diri. Dimulai dengan titik keberangkatan Descartes untuk keraguan metodologis, yang ingin saya jelaskan pada bagian pertama karya ini, saya kemudian akan masuk ke lebih detail tentang apa yang dimaksud Descartes dengan "keberadaan" dan apa arti "keberadaan" baginya.

Setelah itu pertanyaan akan diklarifikasi, jika untuk Descartes kepastian pertama, yaitu keberadaan sendiri benar-benar tidak perlu dipertanyakan seperti diasumsikan pertama, sebelum saya akan menunjukkan pendekatan interpretasi yang berbeda dari "Cogito, ergo sum".

Setelah itu, dalam kesimpulan awal saya, saya ingin melanjutkan apa yang telah dikatakan sejauh ini, untuk akhirnya menyimpulkan kepastian Tuhan di bagian terakhir. Langkah terakhir ini adalah menempatkan argumen "Cogito, ergo sum", kepastian pertama, dalam konteks yang tepat untuk dapat memahami seluruh maknanya.

Setelah "kata pengantar untuk pembaca" ( Praefatio ad lectorem ) dan " sinopsis ", ikhtisar konten dan alasan karyanya, Descartes memulai dalam "Meditatio" pertama (dari total enam) dengan penghitungan apa seseorang dapat meragukan segalanya, dan dengan pembenaran, mengapa seseorang dapat melakukannya, akhirnya mengatakan di tengah "Meditatio" kedua dengan pasti dan tanpa keraguan "ego sum, ego existo" ("Aku, aku ada").

Titik awal untuk filsafat Descartes serta titik keberangkatan untuk refleksi meditasinya diragukan. Prasyarat untuk keraguan adalah, di satu sisi, ada kebenaran yang dapat dikenali seperti itu, dan, di sisi lain, "kemungkinan mendasar untuk berpikir (untuk direalisasikan), di mana kebenaran digenggam dengan aman (pengetahuan)", ada.

Karena, "ketika saya mengatakan saya ragu, saya mengatakan ipso facto pada saat yang sama: ada kebenaran seperti itu (dan dengan demikian kepalsuan), dan ada pengetahuan;  Kondisi lain yang membuat keraguan menjadi mungkin adalah kebebasan menghakimi yang  diandaikan oleh Descartes.   

Karakteristik keraguan adalah radikalitasnya. Descartes secara mendasar mempertanyakan segala sesuatu dalam arti harafiah dari akarnya. Dia ingin sekali dalam hidupnya "membalikkan semuanya dari awal". Tetapi karena ia tidak dapat melalui segala sesuatu yang salah secara individual, tulis Descartes, itu sudah cukup jika ia menemukan dalam salah satu dari "pandangan yang tidak pasti dan tegas [...] ada alasan untuk meragukan;  

Dia lebih lanjut berpendapat "dalam menggali fondasi, segala sesuatu yang dibangun di atasnya runtuh dengan sendirinya." Karena itu, ia akan segera menyerang fondasi, prinsip-prinsip itu sendiri. Keraguan Descartes sering disebut keraguan universal dalam hal karakter keseluruhannya. (Hampir) semuanya diragukan, seluruh dunia luar serta konsep dan bentuk bahasa sehari-hari.   

Keraguan Descartes  dapat dicirikan secara metodis dan metafisik. Bagi Descartes, meragukan bukanlah tindakan yang sewenang-wenang, tetapi dilakukan secara metodis dan dilakukan secara metodis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun