Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Wadian

Guru Besar Tetap Pascasarjana Universitas Mercu Buana; Guru Besar Tidak Tetap FEB Universitas Trisakti; Guru Besar Tidak Tetap Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Guru Besar Tidak Tetap Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Pancasila; Waktu Lahir Pernah Meninggal Dunia Selama 6 Jam, kemudian Hidup Kembali saat akan dimakamkan, Sejak lahir diberikan bakat metafisik dan indera keenam atau [Indigo]

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Tulisan ke-51 Kuliah Nobel Bidang Sastra 1970 Alexandr Solzhenitsyn

18 September 2019   10:13 Diperbarui: 18 September 2019   10:17 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tulisan ke-51 Kuliah Nobel Bidang Sastra 1970 Alexandr Solzhenitsyn
dokpri

Tulisan ke 51 Kuliah Nobel bidang Sastra 1970 Alexandr Solzhenitsyn

Aleksandr Isayevich Solzhenitsyn , (lahir 11 Desember 1918, Kislovodsk , Rusia   meninggal 3 Agustus 2008, Troitse-Lykovo, dekat Moskow), novelis dan sejarawan Rusia, yang dianugerahi Hadiah Nobel untuk Sastra pada tahun 1970.

Solzhenitsyn dilahirkan dalam keluarga intelektual Cossack dan dibesarkan terutama oleh ibunya (ayahnya tewas dalam kecelakaan sebelum kelahirannya). Dia menghadiri Universitas Rostov-na-Donu, lulus dalam matematika, dan mengambil kursus korespondensi dalam sastra di Universitas Negeri Moskow.

Dia bertempur di Perang Dunia II, mencapai pangkat kapten artileri; pada tahun 1945, bagaimanapun, dia ditangkap karena menulis surat di mana dia mengkritik Joseph Stalin dan menghabiskan delapan tahun di penjara dan kamp kerja paksa, setelah itu dia menghabiskan tiga tahun lagi di pengasingan yang dipaksakan. Direhabilitasi pada tahun 1956, ia diizinkan menetap di Ryazan, Rusia tengah, tempat ia menjadi guru matematika dan mulai menulis.

Didorong oleh melonggarnya pembatasan pemerintah terhadap kehidupan budaya yang merupakan ciri khas kebijakan de-Stalinisasi pada awal 1960-an, Solzhenitsyn menyerahkan novel pendeknya , Odin den iz zhizni Ivana Denisovicha (1962; Suatu Hari dalam Kehidupan Ivan Denisovich ) kepada sastra terkemuka Soviet berkala Novy Mir ("Dunia Baru").

Novel dengan cepat muncul di halaman jurnal itu dan bertemu dengan popularitas langsung, Solzhenitsyn menjadi selebriti instan. Ivan Denisovich , berdasarkan pengalaman Solzhenitsyn sendiri, menggambarkan hari biasa dalam kehidupan seorang narapidana di kamp kerja paksa selama era Stalin.

Kesan yang dibuat di depan umum oleh bahasa buku yang sederhana, langsung dan oleh otoritas yang jelas yang digunakannya untuk menangani perjuangan sehari-hari dan kesulitan materi kehidupan kamp diperbesar dengan menjadi salah satu karya sastra Soviet pertama dari era pasca-Stalin untuk langsung menggambarkan kehidupan seperti itu.

Buku ini menghasilkan sensasi politik baik di luar negeri maupun di Uni Soviet , di mana ia mengilhami sejumlah penulis lain untuk menghasilkan laporan tentang hukuman penjara mereka di bawah rezim Stalin.

Namun, masa pertolongan Solzhenitsyn terbukti tidak berlangsung lama. Penyempitan ideologis pada aktivitas budaya di Uni Soviet diperketat dengan jatuhnya Nikita Khrushchev dari kekuasaan pada tahun 1964, dan Solzhenitsyn pertama-tama bertemu dengan meningkatnya kecaman dan kemudian dengan pelecehan terang-terangan dari pihak berwenang ketika ia muncul sebagai lawan yang fasih terhadap kebijakan pemerintah yang represif.

Setelah publikasi kumpulan cerita pendeknya pada tahun 1963, ia ditolak publikasi resmi lebih lanjut dari karyanya, dan ia terpaksa mengedarkannya dalam bentuk sastra samizdat ("diterbitkan sendiri")  yaitu, ketika literatur ilegal beredar secara sembunyi-sembunyi  serta menerbitkannya di luar negeri.

ahun-tahun berikutnya ditandai oleh penerbitan asing dari beberapa novel ambisius yang mengamankan reputasi sastra internasional Solzhenitsyn. V kruge pervom (1968; Lingkaran Pertama ) secara tidak langsung didasarkan pada tahun-tahun yang dihabiskannya bekerja di lembaga penelitian penjara sebagai ahli matematika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10