Mohon tunggu...
Bakti Bestin
Bakti Bestin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya seorang mahasiswa pendidikan seni UPI, saat ini saya sedang tertarik membahas mengenai UMKM, dan desain tampilan web ataupun android

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Galeri Salapak sebagai Tempat Mempromosikan Pelaku UMKM Kota Bandung

20 Oktober 2023   11:31 Diperbarui: 20 Oktober 2023   11:38 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Galeri Salapak (Sumber : https://www.bandung.go.id/) 

Oleh : BAKTI BESTIN

Dinas UMKM Kota Bandung memiliki Misi untuk membantu masyarakat dalam bidang usahanya dan membangun usaha masyarakat, serta usaha mikro dan menengah yang bekerja sama dengan masyarakat sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pelayanan juga harus dilaksanakan sesuai dengan prinsip pelayanan yang baik, karena salah satu indikator keberhasilan pelayanan UMKM di kota Bandung adalah kepuasan masyarakat. Berdasarkan hasil interview dengan Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran Usaha Mikro dan Fasilitas Usaha Kecil Menengah pada Dinas Koperasi yaitu Dedy Kurniawan, S.H. Jumlah UMKM di kota Bandung terlalu besar untuk dapat dijangkau oleh pemerintah kota. promosi yang dilakukan oleh Para Pelaku UMKM di kota Bandung masih dilakukan secara eksklusif melalui komunikasi dari mulut ke mulut atau melalui kegiatan pameran Hal ini mengakibatkan banyaknya masyarakat sekitar maupun pendatang baru tidak mengetahui produk produk UMKM yang berada di kota bandung.

Untuk meningkatkan pemasaran produk usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Bandung, Pemerintah Kota Bandung membuka galeri Salapak UMKM. Salapak ini dikelola oleh koperasi yang didukung oleh Pelayanan KUKM yaitu koperasi Simaung, koperasi mandiri pertama di Bandung sehingga juga terdapat simpan pinjam. Dari hasil wawancara dengan Dedy Kurniawan, S.H. Kepala seksi Promosi dan Pemasaran Usaha Mikro dan Fasilitasi Usaha Kecil Menengah pada dinas Koperasi ,Usaha Mikro Kecil dan Menengah, mengungkapkan bahwa UMKM yang di kelola oleh Galeri SALAPAK, merupakan kategori fashion, kuliner serta carft.

Saat ini Galeri Salapak memasarkan produk UMKM melalui media sosial sebagai Upaya memperkenalkan produk UMKM yang lebih luas melalui internet, serta membantu usaha kecil dan menengah (UMKM) memperoleh pangsa pasar yang lebih besar. Selain mengenalkan melalui media sosial galeri Salapak memberikan event event pameran untuk memamerkan barang dan jasa UMKM, meningkatkan visibilitas mereka di antara pelanggan potensial. Oleh karena itu Galeri Salapak dapat menjadi tempat untuk membangun jaringan bisnis dan kemitraan. Selain itu, mereka dapat menawarkan peluang untuk bertemu dengan pemilik UMKM lainnya atau pelaku industri yang terkait, dan dapat meningkatkan peluang bisnis para pelaku UMKM Kota Bandung.

Mahasiswa Program Studi Doctoral 

Pendidikan Seni Universitas Pendidikan Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun