Mohon tunggu...
Bagus Sukma Agung
Bagus Sukma Agung Mohon Tunggu... Instruktur Ahli Pertama di Balai Latihan Kerja Bantaeng, Kemnaker RI

Seorang yang terus menerus belajar

Selanjutnya

Tutup

Bola

Liverpool Era "Jurgen Klopp" Sudah Berakhir?

12 Oktober 2020   15:12 Diperbarui: 13 Oktober 2020   07:40 57 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Liverpool Era "Jurgen Klopp" Sudah Berakhir?
jurgen-klopp-liverpool-2019-20-ms6td0km2la31un2h4o36qb9k-5f84f7888ede4823e7067562.jpg

Liverpool Fooball Club (LFC) merupakan salah satu klub sepakbola Inggris yang memiliki banyak gelar dan sejarah yang sangat panjang. Klub yang memiliki banyak fans di seluruh dunia termasuk Indonesia ini merupakan klub yang baru saja meraih gelar Liga Inggris ke 19 nya dan memutus rantai puasa gelar hampir 30 tahun.

Liverpool mulai menemukan kembali masa kejayaannya ketika berada dibawah asuhan Jurgen Klopp. ya Klopp yang saat ini sudah 5 tahun menukangi Liverpool termasuk pelatih yang bisa mendongkrak performa klub secara keseluruhan. 

Liverpool yang bertahun-tahun tidak menjuarai gelar bergengsi namun ketika Klopp mulai menahkodai LFC pelan tetapi pasti Liverpool berhasil kembali merajai berbagai gelar bergengsi. 

Raihan trofi Liga Champion (2019), Uefa Super Cup (2019), Club World Cup (2019), dan paling terbaru gelar Liga Inggris (2020) menjadi bukti sahih tokcernya racikan dan ramuan Klopp, termasuk prestasi menjadi Runner up diberbagai kejuaraan Europa League (2016), Carabao Cup (2016), UCL (2018), Community Shield (2019&2020).

Banyak pertanyaan apakah setelah meraih berbagai prestasi tersebut Liverpool era Jurgen segera berakhir? Melihat laju dan squad Liverpool diajang liga Inggris baru-baru ini mungkin tidak sedikit fans yang menganggap Liverpool akan nihil gelar musim ini. 

Keluarnya Liverpool dari ajang Carabao Cup (kalah adu penalty lawan Arsenal) dan dibantai oleh Aston Villa 7-2 menjadi salah satu rasa pesimis para fans. Selain sedikitnya pemain yang masuk dibursa transfer dan tidak ada pelapis yang sepadan ketika Alisson cedera, hingga belum cukupnya kedalaman skuad membuat harapan juara diakhir musim menjadi hal yang mungkin sulit dicapai. 

Musim lalu Liverpool tak terhenti di liga inggris dengan rentetan kemenangan yang akhirnya menjadi juara pertama kalinya dalam 30 tahun dengan poin hampir 100 menjadi impian yang sulit dicapai jika melihat performa saat ini. Jurgen Klopp mungkin tau itu. Namun satu hal yang pasti yang harus dipegang para Liverpudlian bahwa kita harus percaya pada Klopp, "in Klopp we trust".

Mari bagi para fans Liverpool teruslah mendukung Liverpool ketika menang maupun kalah, sehingga Liverpool bisa berjaya untuk bertahun-tahun lamanya. 

VIDEO PILIHAN